Logo Bloomberg Technoz

Warren Buffett Jual Saham Bank of America Cuan Rp48 T

News
30 July 2024 12:20

Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)
Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)

Katherine Doherty - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan investasi Berkshire Hathaway Inc milik Warren Buffett mengumumkan penjualan ketiga dari saham Bank of America Corp bulan ini. Merebak spekulasi keuntungan yang diperoleh dari penjualan saham tersebut lebih dari US$3 miliar (setara Rp48 triliun).

Berkshire Hathaway mulai berinvestasi pada saham bank tersebut pada 2011 dan telah lama menjadi pemegang saham terbesar, lalu mulai menjual saham senilai US$767 juta dari tanggal 25 Juli hingga 29 Juli, menurut pengumuman yang disampaikan pada Senin (29/07/2024). Setelah rangkaian penjualan saham tersebut, kepemilikan Berkshire pada saham Bank of America menyusut menjadi 6,9%.

Berkshire masih memegang hampir 962 juta saham, seperti yang disampaikan dalam dokumen keterbukaan, nilai kepemilikan tersebut mencapai US$39,5 miliar, dihitung berdasarkan harga penutupan saham Bank of Amerika, Senin (29/7/2024).

Penjualan ini menandai penarikan terbesar Buffett dari investasi jangka panjang yang merupakan mosi ketidakpercayaan terhadap kepemimpinan CEO Bank of America, Brian Moynihan. Investor legendaris berusia 93 tahun itu merealisasikan keuntunhan dengan kenaikkan harga saham naik 22% tahun ini.