Logo Bloomberg Technoz

7 Belanja Prioritas 2025: Makan Bergizi Sudah Masuk Pos Kesehatan

Azura Yumna Ramadani Purnama
30 July 2024 10:52

Siswa belajar sebelum simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 
Siswa belajar sebelum simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan salah satu kebijakan belanja pemerintah pusat tahun 2025 pada bidang kesehatan akan diarahkan untuk pemberian makanan bergizi pada masyarakat.

Hal itu, diungkapkan oleh Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kemenkeu Rofyanto Kurniawan, saat menjelaskan kebijakan belanja pemerintah pusat tahun 2025.

“Bidang kesehatan kita akan mengakselerasi penurunan stunting, menjaga kesehatan masyarakat, termasuk memberikan makanan bergizi pada masyarakat,” kata Rofyanto dalam Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2025 yang disiarkan secara virtual, Selasa (30/7/2024).

Berdasarkan bahan paparannya, dijelaskan bahwa belanja pemerintah pusat pada bidang pendidikan akan diarahkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk merespon tantangan pembangunan.

Selanjutnya, pada bidang perlindungan sosial (perlinsos) diarahkan untuk percepatan pengentasan kemiskinan dan penurunan kesenjangan.