Logo Bloomberg Technoz

S&P 500 berada di sekitar 5.465 pada hari Senin. Indeks yang mengukur "Magnificent Seven" (tujuh perusahaan raksasa teknologi) naik 1%. Russell 2000 yang berisi perusahaan-perusahaan berkapitalisasi kecil turun 1,1%. Tesla Inc melonjak karena prediksi bullish dari Morgan Stanley. Investor McDonald's Corp mengabaikan penurunan penjualan karena eksekutif perusahaan berjanji untuk meluncurkan promosi baru. Produsen energi ikut turun seiring pelemahan harga minyak.

Grafik kinerja Nasdaq 100. (Sumber: Bloomberg)

Obligasi pemerintah AS hampir tidak bergerak, tetapi menuju kenaikan bulan ketiga berturut-turut - tren terpanjang sejak 2021. AS menurunkan estimasi pinjaman federal untuk kuartal ini dan memproyeksikan penyangga kasnya akan turun menjelang akhir tahun. Perusahaan-perusahaan bergegas ke pasar obligasi untuk mengumpulkan uang tunai sebelum keputusan The Fed.

Para pembuat kebijakan AS, yang telah mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dua dekade selama setahun penuh, diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tersebut lagi pada Rabu. Namun, investor melihat para pejabat akan memberi sinyal penurunan pada bulan September karena risiko yang semakin besar terhadap pasar tenaga kerja yang solid namun sedang melambat.

Investor memulai minggu ini dengan penuh harap untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang arah kebijakan moneter global dalam waktu dekat setelah sinyal yang saling bertentangan dari negara-negara ekonomi utama mengguncang pasar. Yang dipertaruhkan adalah kenaikan terbaru yen dan pound, serta penurunan imbal hasil Treasury AS jangka pendek. Beberapa pasar mengakhiri pekan lalu dengan gelisah karena prospek kebijakan dan pertumbuhan ekonomi yang tidak pasti.

Gubernur BOJ, Kazuo Ueda, akan membuat investor waspada pada Rabu ketika ia memaparkan rencana rinci untuk pengetatan kuantitatif setelah bertahun-tahun pelonggaran besar-besaran. Dia mungkin juga akan menambah kejutan dengan menaikkan suku bunga.

Grafik kinerja yen terhadap dolar. (Sumber: Bloomberg)

Pergerakan saham yang liar di bulan Juli telah menggarisbawahi bagaimana bertaruh pada tujuh perusahaan teknologi besar tidak lagi menjadi perdagangan yang mudah dan pasti. Selama sebagian besar bulan ini, investor beralih ke sektor lain di pasar dengan spekulasi penurunan suku bunga The Fed akan mendorong perusahaan-perusahaan Amerika. Namun, S&P 500 akhirnya menderita dua minggu berturut-turut mengalami kerugian, terseret oleh kelompok paling berpengaruh - teknologi.

"Hampir mustahil untuk mengetahui apakah penurunan pasar baru-baru ini telah berakhir, tetapi kami terus percaya bahwa kondisi pasar ekuitas menguntungkan karena pertumbuhan yang kuat, penurunan inflasi, kemungkinan penurunan suku bunga The Fed, dan pengeluaran untuk AI," kata David Lefkowitz dari UBS Global Wealth Management.

Bagi Michael Wilson dari Morgan Stanley, prospek yang lebih suram untuk laba perusahaan AS kemungkinan akan merugikan saham-saham yang terkait dengan ekonomi, karena investor khawatir tentang dampak penurunan inflasi terhadap kekuatan penetapan harga.

Ahli strategi ini - yang merupakan salah satu suara bearish terbesar di pasar saham AS tahun lalu - mengatakan bahwa indikator yang mengukur peningkatan laba versus penurunan laba telah melemah, seperti yang biasa terjadi pada waktu ini dalam setahun. Hal ini terutama didorong oleh sektor-sektor siklis.

Analis RBC Capital Markets, Lori Calvasina, juga mengatakan tren dalam revisi laba belum mendukung rotasi kepemimpinan pasar lebih lanjut.

(bbn)

No more pages