Logo Bloomberg Technoz

Bank of Japan akan Putuskan Nasib Suku Bunga: Pengetatan Moneter

News
30 July 2024 06:20

Pohon sakura bermekaran di depan kantor pusat Bank of Japan di Tokyo, Jepang, Minggu (7/4/2024). (Shoko Takayasu/Bloomberg)
Pohon sakura bermekaran di depan kantor pusat Bank of Japan di Tokyo, Jepang, Minggu (7/4/2024). (Shoko Takayasu/Bloomberg)

Toru Fujioka — Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda akan berada di bawah pengawasan ketat pada hari Rabu (31/7/2024), ketika ia mengungkap rencananya untuk melakukan pengetatan kuantitatif dan menyampaikan keputusan mengenai suku bunga kebijakan, dalam tindakan yang dapat mengguncang pasar keuangan global.

Sekitar 14 dari 48 ekonom memperkirakan dewan BoJ akan menaikkan suku bunganya dari kisaran saat ini 0 hingga 0,1%, sementara hampir tidak ada yang mengesampingkan risiko langkah tersebut, menurut survei Bloomberg. Mengenai pengetatan kuantitatif, bank akan menguraikan rencana untuk mengurangi pembelian obligasi bulanan selama jangka waktu satu hingga dua tahun.

Beberapa jam setelah BoJ bertemu, Federal Reserve di Amerika Serikat (AS) bersiap untuk memberikan sinyal baru mengenai prospeknya untuk memangkas suku bunga, yang menciptakan berita kebijakan ganda hingga berpotensi mengguncang yen ke arah manapun.

Dengan pasar yang telah mencapai konsensus umum mengenai kemungkinan langkah BoJ dalam memangkas pembelian obligasi, fokus akan jatuh pada kebijakan suku bunga.