Logo Bloomberg Technoz

Bahlil: RI Akan Suplai Komponen Baterai EV Tesla 1 Januari 2025

Pramesti Regita Cindy
29 July 2024 19:20

Bahlil Pamer Investasi Hilirisasi Rp75,8 T di Kuartal I-2024 (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Bahlil Pamer Investasi Hilirisasi Rp75,8 T di Kuartal I-2024 (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan prekusor baterai kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) untuk pabrikan EV milik Elon Musk yakni Tesla akan diproduksi dari Indonesia. 

Prekusor Baterai yang dipasok, untuk EV asal Amerika Serikat (AS) ini, ungkap Bahlil akan berasal dari pabrik pengolahan nikel di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara. 

"Temen-temen oleh Huayou sedang bangun prekursor di Maluku Utara untuk menyuplai permintaan Tesla. Jadi kedepan 1 januari 2025 Indonesia akan mengirim material bahan baterai prekusor dari Indonesia. yaitu pabriknya di Wedabay," ungkap Bahlil dalam  konfrensi pers Realisasi Investasi Triwulan II 2024 yang juga disiarkan secara daring, Senin (29/7/2024). 

Adapun saat ini menurut Bahlil bahan baku yang dibuat di Indonesai tersebut telah menjadi bahan setengah jadi yakni berkisar 60-70% dari nilai tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi keputusan Bos Besar Tesla, Elon Musk, untuk tidak membangun pabrik Tesla Inc di Indonesia.