Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Makin Membaik, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham BBRI

Muhammad Julian Fadli
29 July 2024 17:21

Cover BRI (Dok. BRI/Diolah)
Cover BRI (Dok. BRI/Diolah)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Didukung tingkat pemulihan kualitas aset yang diperkirakan akan terus membaik, seiring dengan kinerja Perusahaan yang fokus terhadap pertumbuhan pinjaman yang keberlanjutan menjadikan prospek saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) lebih potensial kedepannya.

Bersamaan dengan pertumbuhan pinjaman yang sesuai target pada Semester I-2024, pinjaman yang disalurkan Bank BRI berhasil mencapai Rp1.336,78 triliun, tumbuh 11,2% yoy. Pertumbuhan ini sejalan dengan guidance Perusahaan yang menargetkan pertumbuhan pinjaman/kredit di 2024 pada rentang 10% - 12%.

Penyaluran pinjaman ekspansif ini ditopang oleh semua segmen bisnis yang mencatatkan kenaikan. Pertumbuhan paling tinggi dicetak dari segmen korporasi hingga menyentuh 29,2% yoy, diikuti segmen menengah 31,6% yoy, dan konsumer 11,5% yoy.

Analis Sinarmas Sekuritas Ivan Purnama Putera dan Arief Machrus memaparkan, Bank BRI berhasil mencatat pertumbuhan pinjaman sebesar 11,2% yoy, dan 2,1% qoq pada Semester I-2024.

“Pinjaman korporat memimpin pertumbuhan dengan 29,2% yoy, sebagian besar berasal dari sektor pertanian. Kemudian diikuti oleh pertumbuhan pinjaman mikro, yang masih didorong oleh Kupedes, Bank BRI juga lebih fokus pada Kupedes Top-Up,” papar Ivan dan Arief dalam riset yang diterbitkan.