Logo Bloomberg Technoz

Meski Bitcoin Menguat, Nilai Kepemilikan El Salvador Masih Rendah

News
12 April 2023 08:11

Bitcoin (Sumber: Bloomberg)
Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Michael McDonald - Bloomberg News

Bloomberg, Harga Bitcoin memang mencapai level tertinggi selama sembilan bulan terakhir, tapi total kepemilikan El Salvador masih bernilai 29% lebih rendah dari yang dikeluarkan oleh pemerintah negara tersebut untuk mata uang digital terbesar di dunia ini.

El Salvador membeli 2.546 Bitcoin dengan sekitar US$ 108 juta, menurut perhitungan Bloomberg. Pada harga Selasa (11/04/2023) token tersebut hanya bernilai US$ 77 juta. 

Bitcoin El Salvador (Sumber: Bloomberg)

Bitcoin naik di atas US$ 30.000 pada Selasa untuk pertama kalinya sejak Juni 2022, didukung oleh perkiraan kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) yang lebih longgar. Namun, token tersebut masih 50% lebih rendah dari level tertingginya sepanjang masa pada tahun 2021, saat pemerintahan Presiden El Salvador Nayib Bukele mulai membeli Bitcoin usai menjadikannya alat pembayaran yang sah.

Meski begitu, Bukele terus mempromosikan mata uang digital. Tepat pada saat Bitcoin mencapai level terendah dalam 52 minggu sekitar US$ 15.500 pada bulan November, Bukele mengatakan di Twitter bahwa pemerintahannya akan membeli di saat penurutnan terjadi dengan janji satu Bitcoin per hari.