Logo Bloomberg Technoz

Pasca bursa FTX bangkrut, dan para politisi akhirnya mengembalikan dana Bankman-Fried, para anggota Kongres menghindar dari kripto.

Meski begitu ketika Bitcoin menguat ke rekor baru dan dana dari para pelaku industri terisi kembali, uang mulai mengalir sekali lagi, terutama kepada kandidat seperti Donald Trump, yang dipandang dapat menciptakan lingkungan ramah regulasi.

Perpindahan raksasa keuangan tradisional seperti BlackRock Inc dan State Street Corp ke dalam kripto telah membantu sektor ini untuk melewati skandal.

Runtuhnya FTX “berdampak besar pada upaya-upaya kripto di Washington, tapi itu juga membuat para founder menyadari bahwa mereka harus menanggapi Washington dengan serius,” kata Kristin Smith, kepala eksekutif advokat industri kripto Blockchain Association.

Dorongan industri untuk memberikan uang kepada kandidat pro-kripto hanyalah salah satu bagian dari strategi, kata Smith. Industri ini telah mendanai upaya masyarakat bawah, yang dirancang untuk memberi kekuatan kepada pemilih pro-kripto. 

Kemudian para eksekutif kripto telah mengunjungi politisi di Washington dan merekrut pelobi untuk mendorong agenda mereka dalam undang-undang. 

Fairshake dan dua super PAC yang bersekutu telah mengumpulkan US$170 juta dalam siklus ini, dari orang-orang seperti Coinbase Global Inc, Ripple, dan perusahaan ventura Andreessen Horowitz. Super PAC mendukung atau menyerang kandidat dari kedua partai berdasarkan posisi mereka dalam regulasi mata uang kripto.

Fairshake menghabiskan UD$10 juta untuk menyerang Perwakilan Katie Porter dari California, kritikus industri ini, dalam kampanye yang gagal untuk Senat. 

“Frenzy,” adalah cara pelobi Todd White, managing partner Rulon & White Governance Strategies, menggambarkan pengeluaran oleh perusahaan-perusahaan kripto.

“Mereka tahu jika mereka tidak melakukan kontribusi politik dalam tahun ini, banyak dari mereka yang tidak akan berhasil, setidaknya di Amerika Serikat (AS). Ini adalah kesempatan terluas untuk mendapatkan daya tarik yang benar-benar kita lihat dalam empat tahun terakhir,” kata White.

Kasus hukum yang sedang berlangsung yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) dalam beberapa tahun terakhir mengancam banyak aliran pendapatan utama bisnis kripto.

Regulator perbankan mempersulit beberapa perusahaan kripto untuk membuka dan menjaga rekening bank AS. Industri ini mencari bantuan yang dipimpin oleh legislatif dan eksekutif untuk berkembang - dan banyak orang dalam bertaruh pada perubahan pemerintahan untuk mewujudkannya. 

“Sekelompok orang yang saya gambarkan sebagai pendukung Partai Demokrat, yang biasanya condong ke kiri dalam komunitas teknologi, hanya memiliki satu pilihan, yaitu memilih Partai Republik,” ujar Austin Campbell, asisten profesor di Columbia Business School dan managing partner Zero Knowledge Consulting.

Dalam beberapa bulan terakhir, Trump telah mengadakan pertemuan dengan para kolektor tokennya yang tidak dapat dipertukarkan dan dengan para penambang Bitcoin, yang komputernya mengamankan jaringan.

Dia bertemu dengan para donatur kripto di sebuah acara penggalangan dana di San Francisco. Para peserta mengatakan bahwa ia menjanjikan bantuan, seperti dukungan untuk penambangan di AS.

Trump mengundang para pendukungnya dalam industri mata uang kripto untuk melakukan penggalangan dana pribadi di Nashville pada tanggal 27 Juli, termasuk harga yang diminta sebesar US$844.600 untuk sebuah kursi di roundtable. 

Calon presiden dari Partai Demokrat, Kalama Harris, menolak untuk berbicara di acara tersebut, menurut penyelenggara konferensi.

Chief Executive Officer BitGo, Mike Belshe, akan menjadi tuan rumah penggalangan dana yang dipimpin oleh calon wakil presiden dari Partai Republik, JD Vance, pada tanggal 29 Juli di Palo Alto, California, menurut undangan yang diperoleh Bloomberg News.

Belshe meminta para peserta untuk membayar US$3.300 untuk menghadiri acara tersebut, US$15.000 untuk berfoto bersama Vance dan US$25.000 untuk berpartisipasi dalam sebuah roundtable. Dengan biaya $50.000, para pasangan dapat bergabung dengan panitia penyelenggara acara.

Andreessen Horowitz

Elon Musk, yang telah mempromosikan Dogecoin, telah menjanjikan uang kepada PAC super pro-Trump. Marc Andreessen dan Ben Horowitz, yang menjalankan perusahaan modal ventura yang dikenal sebagai a16z, baru-baru ini menjanjikan dukungan mereka kepada Trump, kata mereka dalam sebuah podcast. Andreessen Horowitz memberikan sumbangan.

“Ini hanya dukungan datar dari seluruh ruang,” kata Andreessen dalam podcast setelah membaca platform Partai Republik - dengan penyebutan kripto - yang menurutnya ditulis sendiri oleh Trump.

“Ini adalah perubahan 180 derajat dari apa yang telah kita alami.” Andreessen mengatakan bahwa dia sebelumnya mendukung Partai Demokrat seperti Bill dan Hillary Clinton dan Barack Obama.

Horowitz menunjukkan bahwa mereka tidak pernah bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Joe Biden saat ini, sementara mereka telah bertemu dengan Trump. 

Biden mengumumkan tidak akan mencalonkan diri lagi dan menjanjikan dukungannya kepada Wakil Presiden Harris untuk menjadi calon dari Partai Demokrat  pada tanggal 21 Juli kemarin.

Donor kripto juga telah menargetkan pemilihan anggota DPR dan Senat - terutama untuk menggulingkan Senator Elizabeth Warren, yang telah lama mengadvokasi perlindungan tambahan sebagai bagian dari RUU kripto baru. Tyler dan Cameron Winklevoss, si kembar yang menjalankan bursa Gemini, telah memberikan kontribusi kepada rivalnya, John Deaton.

“Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan anggota yang dihormati karena dia duduk di pagar kripto. Anda menempatkan kontribusi Anda di tempat yang dapat menarik perhatian dan memberikan masukan ke dalam prosesnya,” kata White.

(bbn)

No more pages