Logo Bloomberg Technoz

China akan Tutup Data Aliran Modal Asing ke Pasar Saham

News
29 July 2024 13:10

Bursa asia (Dok Bloomberg)
Bursa asia (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China berencana akan menutup informasi harian keluar masuk dana asing ke pasar saham yang saat ini sedang mengalami koreksi. Rencana ini akan dilakukan pada pertengahan Agustus mendatang.

Keputusan untuk menghentikan publikasi data arus arus masuk dana investor asing melalui Hong Kong telah diumumkan pada April lalu ketika bursa Shanghai dan Shenzhen juga mengatakan bahwa mereka akan berhenti menampilkan informasi real-time data tersebut. Data real-time dihentikan pada Mei. Ini merupakan implementasi yang kedua kalinya langkah menutupi arus masuk dana asing.

Mulai 18 Agustus data yang ditampilkan hanya total nilai tranksaksi dan volume perdagangan jumlah saham serta nilai transaksi di bursa melalui Hong Kong, serta 10 saham yang paling aktif ditransaksikan, berdasarkan pernyataan dari bursa Shanghai dan Shenzhen, Jumat pekan lalu. 

Selain itu, secara bersamaan data gabungan aliran dana asing ke saham-saham individual hanya akan tersedia setiap kuartal, demikian pernyataan kedua bursa tersebut. Data mengenai kepemilikan investor global di saham-saham individual akan dirilis pada hari perdagangan kelima setiap kuartal, untuk penutupan periode sebelumnya.