Logo Bloomberg Technoz

Profil Ahmad Luthfi, Eks Kapolda yang Disebut Maju Pilkada Jateng

Redaksi
29 July 2024 12:03

Eks Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi yang diangkat menjadi Irjen Kemendag jelang Pilkada Jawa Tengah. (Dok. IG @irjenpol_ahmadluthfi)
Eks Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi yang diangkat menjadi Irjen Kemendag jelang Pilkada Jawa Tengah. (Dok. IG @irjenpol_ahmadluthfi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram rahasia yang salah satunya memutasi Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan.

Keputusan mutasi Ahmad Luthfi ini disebut berkaitan dengan rencana sejumlah partai politik mengusung anggota polisi ini ke kontestasi politik di Jawa Tengah. Sebagai anggota Korps Bhayangkara, Luthfi tentu memiliki keterbatasan ruang gerak untuk berkampanye karena harus bersikap netral.

Nama Luthfi semakin kuat menjadi bakal calon gubernur Jawa Tengah dari Koalisi Indonesia Maju - Pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 yang dekat dengan Presiden Joko Widodo.

Mantan Rekan Kerja Jokowi

Luthfi, seperti sejumlah pejabat strategis, juga pernah memiliki rekam jejak bekerja bersama Jokowi saat menjadi wali kota Surakarta. 
Nama-nama sebelumnya adalah Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang pernah menjadi Kapolres Surakarta pada 2011. Saat itu, Jokowi masih menjadi wali kota Solo yang tengah bersiap maju ke Pilkada DKI Jakarta 2012.