Logo Bloomberg Technoz

RI Bakal Punya Pusat Riset Baterai EV di Morowali, Gandeng China

Dovana Hasiana
29 July 2024 11:50

5 Proyek Baterai EV di RI, Pabrik Perdana Beroperasi Mei 2024 (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
5 Proyek Baterai EV di RI, Pabrik Perdana Beroperasi Mei 2024 (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia bakal memiliki pusat riset (research center) baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Luhut mengatakan, beberapa peneliti dari China juga diundang untuk datang dan bergabung di zona penelitian khusus di Morowali tersebut. Bahkan semua lembaga terkemuka di dunia bergabung dan menjadi bagian dari pusat penelitian ini di Morowali.

Rencana ini sejalan dengan keinginan Indonesia menjadi pemimpin atau pemain utama dalam dalam industri EV, di mana Indonesia telah mengembangkan dari hulu ke hilir.

“Beberapa peneliti dari China, [kami] juga mengundang mereka untuk datang bergabung dengan kami di zona penelitian khusus di Morowali. Menurut saya ini terobosan yang akan dilakukan oleh pemerintah,” ujar Luhut dalam agenda International Battery Summit, di Jakarta Pusat, Senin (29/7/2024).

Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian

“Kami tidak akan seperti sebelumnya, hanya melihat apa yang terjadi, tetapi kami ingin memainkan peran yang sangat penting dalam hal ini.”