Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Diprediksi Melonjak Jika Trump Jadi Presiden AS Lagi

News
29 July 2024 10:40

Ilustrasi emas batangan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi emas batangan. (Dok: Bloomberg)

Carter Johnson dan Yvonne Yue Li - Bloomberg News

Bloomberg, Emas adalah lindung hilai (hedging) terbaik jika Donald Trump kembali menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Ini merupakan hasil survei terbaru Bloomberg Markets Live Pulse.

Survey ini diikuti oleh 480 responden dengan membandingkan dolar AS dan emas sebagai safe heaven. Sebanyak 60% responden meyakini pada akhirnya dolar AS akan melemah jika Trump, kandidat presiden dari Partai Republik, kembali menjadi presiden.

Hasil ini sejalan dengan sejarah pemerintah Trump sebelumnya. Empat tahun pemerintahan Trump, indeks Bloomberg untuk dolar AS turun lebih dari 10% sementara harga emas spot naik lebih dari 50%.

Kebijakan Trump yang berisi pemotongan pajak, tarif, dan regulasi yang lebih lemah dipandang sebagai inflasi di Wall Street dan bahkan dapat memaksa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) untuk menaikkan suku bunga lagi. Apalagi jika Partai Republik (red wave) pada November nanti berhasil menguasai Kongres dan memberikan Trump keleluasaan lebih besar dalam memberlakukan kebijakan ekonomi yang luas, bakal semakin memicu kenaikan logam mulia saat harga mendekati rekor tertinggi sepanjang masa.

Emas dianggap sebagai aset aman. (Sumber: Bloomberg)