Logo Bloomberg Technoz

Lalu pada pembahasan sesi ketiga mengenai topik perpajakan internasional, mulai digital taxation (pilar satu) hingga minimum taxation (pilar dua). Tujuannya yaitu bersama-sama untuk meningkatkan penerimaan negara di seluruh dunia agar dapat merespons dan memecahkan masalah pembangunan mulai dari isu iklim, demografi, infrastruktur, kesenjangan, dan kemiskinan hingga bagaimana cara meningkatkan produktivitas. 

Selain itu, Brasil sebagai presidensi juga mengajukan adanya pajak terhadap kekayaan. Hal ini diajukan karena semakin meningkatnya kesenjangan di Brasil dan di negara-negara lain. Ini menjadi sebuah langkah untuk menciptakan progresivitas dalam isu perpajakan. 

“Pertemuan ini diakhiri dengan dinner, dimana Brasil mempresentasikan “the future of forestry” yaitu upaya memperbaiki dan mencegah deforestasi hutan Amazon,” lanjut Menkeu. Konsep ini selaras dengan terpilihnya Brasil sebagai tuan rumah COP30 tahun depan.  

Menkeu melanjutkan, isu perubahan iklim, lingkungan, kelaparan, serta terciptanya ketahanan pangan menjadi isu yang sangat penting dalam presidensi Brasil kali ini. 

“Ini merupakan topik-topik yang sangat penting tidak hanya untuk G20 tapi juga untuk dunia, dan tentu untuk Indonesia yang memiliki tantangan yang sama,” kata Sri Mulyani.

(lav)

No more pages