Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Beberkan Hasil Pertemuan Para Menkeu G20 di Brasil

Redaksi
29 July 2024 09:06

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan pertemuan G20 antara menteri-menteri keuangan dan para gubernur bank sentral dari seluruh penjuru dunia telah selesai. Pertemuan yang bertempat di Rio de Janeiro, Brasil ini terbagi menjadi tiga sesi pembahasan. 

Sesi pertama yakni mengenai kondisi perekonomian global. Menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 membahas bagaimana menavigasi situasi yang tidak mudah ini. 

“Banyak yang membahas mengenai risiko yang berasal dari geopolitik, fragmentasi, ketegangan antar banyak negara di dunia, itu menciptakan risiko besar pada perekonomian dunia,” ucap Sri Mulyani di laman instagram resmi miliknya @smindrawati, dikutip Senin (29/7/2024).

Topik pembahasan pada sesi kedua yaitu mengenai sektor keuangan, termasuk financial inclusion. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 sepakat bahwa inklusi finansial ini harus terus ditingkatkan, termasuk implementasi teknologi digital dan segala risikonya pada stabilitas sistem keuangan. 

“Di sini bank sentral banyak membahas mengenai bagaimana menjaga stabilitas sistem keuangan pada saat ekonomi dihadapkan pada berbagai perubahan seperti lingkungan global yang tidak ramah, suku bunga yang tinggi, digital technology, dan geopolitik,” terang Menkeu.