Logo Bloomberg Technoz

Strategi yang tidak lazim. Pasalnya Apple biasanya tidak merilis previews pembaruan hingga versi awal generasi software baru dirilis untuk umum.

Pertaruhannya lebih tinggi dari biasanya. Untuk memastikan kelancaran rilis konsumen pada AI, Apple membutuhkan dukungan dari developer membantu mengatasi masalah dan menguji fitur dalam skala yang lebih luas.

Kekhawatiran atas stabilitas fitur Apple Intelligence, sebagian, membuat perusahaan memisahkan fitur-fitur tersebut dari peluncuran awal iOS 18 dan iPadOS 18.

Apple mengumumkan fitur-fitur baru dan sistem operasi pada bulan Juni di Worldwide Developers Conference (WWDC), dengan mengatakan bahwa Apple Intelligence akan diluncurkan sebagai bagian dari iOS 18 dan iPadOS 18.

Kepastian yang terkini ini berarti kemampuan AI tidak akan diluncurkan secara luas hingga updare berikutnya untuk sistem operasi baru. Juru bicara Apple menolak berkomentar.

Raksasa teknologi ini meluncurkan versi beta keempat iOS 18.0 kepada para pengembang minggu lalu dan menargetkan untuk menyelesaikan pengembangannya pada akhir Juli. 

Saat Apple memperkenalkan iPhone baru setiap bulan September, perusahaan menyertakan perangkat software baru yang menyertainya. Hal ini mengharuskan penyelesaian sistem operasi (iOS) beberapa minggu lebih awal sehingga ada waktu untuk menginstal software pada perangkat sebelum dikirim keluar dari pabrik.

Rencana rilis Apple Intelligence menghadirkan kemungkinan bahwa model iPhone 16 pertama yang dikirim ke konsumen tahun ini tidak akan memiliki fitur AI baru. Perangkat baru Apple memerlukan pembaruan perangkat lunak beberapa minggu kemudian.

Apple Intelligence mencakup berbagai fitur, termasuk prioritas pemberitahuan utama, ringkasan halaman web dan catatan suara, alat untuk meningkatkan tulisan, perubahan pada Siri dan integrasi ChatGPT OpenAI. 

Bahkan ketika Apple Intelligence diluncurkan dengan iOS 18.1 dan iPadOS 18.1, akan ada beberapa fitur yang hilang. Hal ini termasuk beberapa perubahan paling signifikan pada Siri, seperti kemampuan untuk menggunakan data di perangkat. Contohnya, membantu menjawab pertanyaan dan sistem menggunakan apa yang ada di layar seseorang untuk memberikan konteks jawaban. 

Apple berencana untuk meluncurkan rangkaian lengkap fitur Apple Intelligence melalui beberapa pembaruan untuk iOS 18 pada akhir tahun 2024 dan sampai paruh pertama tahun 2025, demikian dilaporkan Bloomberg News.

Selain iPhone dan iPad, Apple Intelligence akan hadir di PC iMac dengan cip Apple internal sebagai bagian dari macOS Sequoia. iOS juga sedang dikembangkan untuk Vision Pro, namun peluncurannya untuk perangkat tersebut belum direncanakan sampai nanti.

Perusahaan bertaruh pada Apple Intelligence untuk membantu bersaing dalam booming AI generatif yang telahmenjungkirbalikkan bisnis dan perangkat konsumen selama setahun terakhir.

Dengan membatasi dukungan untuk iPhone 15 Pro dari tahun lalu dan lini iPhone 16 yang akan datang, Apple juga percaya bahwa fitur-fitur baru tersebut membantu menjual iPhone baru tahun ini. 

Lini iPhone 16 tidak akan banyak mengalami perubahan desain sehingga peningkatan terkait perangkat lunak - selain tombol baru untuk mengontrol kamera dan chip yang lebih cepat - akan membantu penjualan model-model baru tersebut. 

Perubahan desain dan fitur iPhone 16 bisa Anda baca di sini.

(bbn)

No more pages