Logo Bloomberg Technoz

Angka Kematian Australia Tinggi Pasca-Pandemi, Efek Long Covid

News
29 July 2024 08:20

Ilustrasi Perawan Pasca Terserang Virus Covid. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Perawan Pasca Terserang Virus Covid. (Dok: Bloomberg)

Jason Gale - Bloomberg News

Bloomberg, Angka kematian di Australia masih lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi, mencerminkan efek jangka panjang Covid-19 yang mungkin menyebabkan peningkatan kematian dan penyakit yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Menurut laporan Actuaries Institute yang berbasis di Sydney pada Senin (29/07/2024) angka kematian berlebih – peningkatan di atas angka kematian yang diharapkan jika pandemi tidak terjadi – mencapai 5% di Australia pada 2023. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan angka kelebihan kematian 1-2% yang terjadi pada beberapa tahun saat wabah flu musiman yang parah.

Angka kematian yang tinggi di negara dengan tingkat vaksinasi Covid yang tinggi menunjukkan dampak jangka panjang dari pandemi yang tidak hanya menyebabkan kematian terbesar dalam satu abad, tetapi juga meninggalkan banyak penyintas dengan penyakit yang berkepanjangan, serta mengganggu perawatan medis untuk pasien dengan kondisi lain. Lebih dari empat tahun kemudian, rumah sakit masih bergulat dengan peningkatan yang tidak terduga dalam penyakit arteri koroner.

“Covid akan terus berdampak dalam beberapa tahun mendatang,” kata aktuaris Karen Cutter, juru bicara kelompok kerja mortalitas institut tersebut. "Tingkat kematian 'normal baru' kemungkinan akan lebih tinggi daripada yang seharusnya jika kita tidak mengalami pandemi."