Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Mulai Lepas SRBI, Pindah ke SBN

Ruisa Khoiriyah
29 July 2024 08:50

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pemodal asing terindikasi mulai menjual kepemilikan di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan kembali masuk membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan oleh pemerintah, seiring dengan bunga yang terus terkikis turun dalam beberapa lelang terakhir.

Laporan Bank Indonesia mencatat, selama periode transaksi pekan lalu antara 22-25 Juli, para investor nonresiden tercatat posisi net sell alias jual bersih SRBI senilai Rp1,39 triliun. Pada saat yang sama, pemodal asing membukukan posisi beli bersih di SBN sebesar Rp3,37 triliun. 

Namun, bila menghitung keseluruhan tahun ini, year-to-date, hingga data setelmen transaksi per 25 Juli, investor asing masih membukukan posisi net buy di SRBI senilai Rp169,41 triliun. Sementara di SBN, posisi net sell asing sudah lebih kecil yaitu sebesar Rp32,08 triliun, dibanding Rp42,72 triliun net sell pada akhir Mei lalu. Sedangkan di pasar saham, asing masih net sell senilai Rp1,89 triliun sepanjang tahun ini. 

Langkah pemodal nonresiden yang mulai melepas SRBI itu dan beralih ke SBN kemungkinan dipengaruhi oleh tren penurunan bunga diskonto SRBI dalam beberapa lelang terakhir. Sebagai perbandingan, pada lelang terakhir bulan Juni, tingkat bunga SRBI tenor terpanjang 12 bulan, masih bertengger tinggi di 7,52%.

Namun, sentimen pasar global yang makin optimistis siklus pemotongan bunga Federal Reserve semakin dekat, turut menurunkan bunga SRBI. Alhasil, pada lelang terakhir Jumat pekan lalu, bunga SRBI-12 bulan sudah turun ke 7,22%, penurunan beruntun dalam tiga lelang terakhir.