Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi Padat Merayap: FOMC The Fed Jadi Fokus Utama

Ruisa Khoiriyah
29 July 2024 07:30

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan ini akan menjadi pekan sangat sibuk bagi para pelaku pasar di seluruh dunia menyusul begitu padatnya kalender ekonomi dan berbagai event penting yang bisa berdampak pada pergerakan pasar ke depan.

Salah satu yang sangat dinanti adalah pada pertengahan pekan ini, 30-31 Juli waktu Amerika, Federal Reserve (The Fed), bank sentral paling berpengaruh di dunia, akan menggelar pertemuan Komite Terbuka alias FOMC penentuan kebijakan bunga acuan.

Pengumuman hasil FOMC dijadwalkan pada Rabu 31 Juli waktu setempat, atau Kamis dini hari 1 Agustus waktu Indonesia Barat. Hasil FOMC diprediksi menjadi pertemuan terakhir para pengambil kebijakan yang akan menghasilkan keputusan ‘hold’ untuk Fed fund rate, sebelum nanti pada September diyakini akan memulai siklus pelonggaran.

Dengan latar belakang berbagai data ekonomi pekan lalu yang memperlihatkan peluang masih terbuka bagi The Fed untuk memulai pemangkasan bunga pada September, apa yang dikatakan Jerome Powell dan kolega dalam taklimat pengumuman Fed fund rate Rabu nanti, akan menjadi hal yang sangat ditunggu oleh pasar.

Para pelaku pasar bukan hanya akan mencermati FOMC The Fed karena pada pekan ini akan diumumkan juga data pasar tenaga kerja Amerika Serikat (AS) meliputi data tingkat pengangguran dan rekrutmen tenaga kerja di negeri Paman Sam pada Juli. Sinyal apapun yang keluar dari Powell akan masuk dalam perhitungan para pelaku pasar keuangan global dalam memperkirakan dimulainya pelonggaran yang akan berdampak pada pergerakan arus modal di di pasar.