Logo Bloomberg Technoz

Pada Juni, laju inflasi PCE inti (core) berada di 0,2% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih tinggi dibandingkan Mei yang sebesar 0,1% mtm. Namun, angka 0,2% adalah yang kedua terendah sepanjang 2024.

Sementara laju PCE umum pada Juni berada di 0,1%. Juga lebih tinggi ketimbang Mei yang sebesar 0%. Akan tetapi, realisasi Juni juga menjadi yang terendah kedua pada tahun ini.

Sedangkan laju PCE inti tahunan (year-on-year/yoy) pada Juni adalah 2,6%. Sama seperti posisi Mei, sehingga menjadi yang terendah sepanjang 2024.

Adapun laju PCE umum secara tahunan pada Juni ada di 2,5%. Melambat dibandingkan Mei yang sebesar 2,6% yoy dan menjadi yang terendah sejak Februari.

“Data yang mixed cenderung melambat ini menandakan tekanan inflasi dan aktivitas ekonomi mendingin. Ini membuka jalan bagi The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan,” kata Fawad Razaqzada, Analis di Forex.com, seperti dikutip dari Bloomberg News.

Berdasarkan CME FedWatch, peluang penurunan suku bunga acuan Negeri Paman Sam sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5-5,25% pada September mencapai 87,7%. Kemudian Federal Funds Rate bisa turun 25 bps lagi pada November, dengan kemungkinan 63%.

Lalu suku bunga acuan bisa turun 25% lagi pada Desember, probabilitasnya 58.7%. Jadi, Gubernur Jerome ‘Jay’ Powell dan rekan bisa menurunkan suku bunga acuan 3 kali atau 75 bps sepanjang tahun ini.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas menjadi lebih menguntungkan saat suku bunga turun.

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas kembali masuk zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 52,72. RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang dalam posisi bullish.

Sementara indikator Stochastic RSI ada di 26,42. Masih menghuni area jual (short).

Dalam waktu dekat, harga emas masih berpeluang naik. Target resisten terdekat ada di US$ 2.391/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.412/troy ons berpotensi menjadi target selanjutnya.

Sedangkan target support terdekat adalah US$ 2.359/troy ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas jatuh menuju US$ 2.328/troy ons.

(aji)

No more pages