Logo Bloomberg Technoz

Lapangan Kerja Lesu, The Fed Diproyeksi Segera Pangkas Suku Bunga

News
29 July 2024 06:00

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Reade Pickert — Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve diperkirakan segera menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan, sebuah langkah yang mungkin diisyaratkan oleh Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pekan mendatang karena risiko membahayakan pasar kerja dengan pertumbuhan yang melambat.

Para bankir sentral AS, yang telah mempertahankan suku bunga pada level tertinggi lebih dari dua dekade selama setahun penuh, secara luas diperkirakan akan mempertahankannya lagi saat pertemuan dua hari mereka berakhir pada hari Rabu. Sebaliknya, investor melihat pejabat Fed menurunkan suku bunga acuan mereka pada bulan September.

Data terkini menunjukkan hasil yang menjanjikan, dengan kenaikan harga yang lebih ringan di samping pertumbuhan ekonomi yang kuat, tetapi Fed menginginkan sedikit kepastian bahwa inflasi akan terus turun menuju target 2% mereka.

Penurunan tekanan harga, yang dipadukan dengan peningkatan angka pengangguran, telah menyeimbangkan dua tujuan Fed — lapangan kerja maksimum dan harga stabil. Para pejabat ingin menjinakkan inflasi, tetapi mereka juga tidak ingin menyebabkan kerugian yang tidak semestinya pada pasar tenaga kerja dengan mempertahankan suku bunga tinggi terlalu lama.