Logo Bloomberg Technoz

"Ini hanya suasana baru untuk kampanye," kata Gubernur Minnesota Tim Walz, yang masuk dalam daftar pendek calon wakil presiden Harris, dalam acara State of the Union di CNN pada hari Minggu.

Keluarnya Biden telah memaksa tim kampanye Trump-Vance untuk mengalihkan fokus ke lawan yang lebih muda dengan profil ideologis yang berbeda. Walz berusaha menunjukkan rasa percaya diri, dengan mengklaim "tidak akan ada perubahan karena mereka tidak memiliki rencana baru."

Kedua kandidat saling serang selama akhir pekan, dengan Trump merayu industri kripto, mengatakan akan memecat Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Gary Gensler, dan mencap Harris sebagai "liberal San Francisco yang tidak peka" dalam sebuah rapat umum di Minnesota.

Harris sebelumnya telah menjadwalkan acara penggalangan dana di sebuah teater di Pittsfield, Massachusetts, di mana ia menyebut retorika Trump dan calon wakil presidennya dari Partai Republik JD Vance "aneh." Ia berencana berkampanye di Atlanta pada hari Selasa.

Gubernur New Hampshire Chris Sununu, seorang Republikan yang mendukung Nikki Haley sebagai presiden sebelum akhirnya mendukung Trump, mengatakan persaingan kemungkinan akan kembali menjadi "persaingan yang ketat" setelah Harris melonjak.

"Maksud saya, ini adalah masa bulan madu," katanya di This Week dari ABC. "Jajak pendapat pertama, saya yakin, yang benar-benar penting adalah hari Rabu setelah Hari Buruh." Baca selengkapnya: Trump Berjanji Memecat Gensler, Mempekerjakan Orang yang 'Mencintai' Kripto

Harris telah meraup dukungan dari cukup banyak delegasi untuk memenangkan nominasi. Dukungan utama — oleh mantan Presiden Barack Obama — datang pada hari Jumat.

Debat Biden yang gagal dan pertikaian internal partai yang terjadi setelahnya mengenai masa depannya merusak keuangan kampanyenya karena para donor menjauh dari presiden berusia 81 tahun itu, yang menghadapi pertanyaan tentang ketajaman mental dan kemampuannya untuk mengalahkan Trump dalam pemilihan pada bulan November.

Kampanye Biden memasuki bulan Juli dengan uang tunai US$96 juta setelah pesta belanja yang menghabiskan sekitar 93% dari uang yang dikumpulkannya pada bulan Juni. Tingkat pengeluaran jauh melebihi Trump, yang kampanyenya hanya menghabiskan 46% dari uang yang dikumpulkannya pada bulan Juni dan memiliki $128 juta di bank.

Kampanye Biden terus menghabiskan uang bahkan ketika beberapa jajak pendapat menunjukkan Trump unggul setelah debat mereka dan ketika seruan bagi petahana untuk mengakhiri pencalonannya meningkat.

Ini adalah perubahan yang mencengangkan dari awal kontes, ketika Biden membangun keunggulan dana yang cukup besar, yang sebagian dibantu oleh tidak adanya penantang Demokrat yang serius dan Trump yang berhadapan dengan pemilihan pendahuluan GOP yang terkadang sengit dan berbagai kasus pengadilan yang menguras pundi-pundinya.

Pengumpulan dana Trump telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir – didukung oleh seruan kepada para donor besar dari Partai Republik dan dukungan dari Wall Street dan para eksekutif perusahaan yang tertarik pada agenda ekonominya.

Kepala Eksekutif Tesla Inc. Elon Musk, orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index, mengatakan bahwa dia "memberikan sejumlah sumbangan" kepada komite aksi politik super yang mendukung mantan presiden tersebut, meskipun pada "tingkat yang jauh lebih rendah" daripada yang telah dilaporkan.

Orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa Musk berjanji untuk menggelontorkan US$45 juta per bulan ke dalam kelompok pro-Trump. Trump dan Komite Nasional Republik mengumpulkan US$331 juta pada kuartal kedua, mengalahkan $264 juta yang dikumpulkan Biden dan Komite Nasional Demokrat.

Para donatur Demokrat di Wall Street juga bergerak untuk memanfaatkan jaringan mereka dan membantu Harris menutup kesenjangan penggalangan dana dengan Trump.

Tim kampanye Trump mengajukan keluhan kepada Komisi Pemilihan Umum Federal dengan mengklaim bahwa transfer Biden sebesar $96 juta melanggar hukum. Hal ini menimbulkan pertanyaan hukum baru, tetapi banyak pakar keuangan kampanye mengatakan bahwa transfer tersebut mungkin diizinkan.

(bbn)

No more pages