Logo Bloomberg Technoz

Pekan Pertama Jadi Capres, Kamala Harris Kumpulkan Rp3,26 Triliun

News
29 July 2024 05:32

Kamala Harris. (Sumber: Bloomberg)
Kamala Harris. (Sumber: Bloomberg)

Akayla Gardner dan Alicia Diaz -- Bloomberg News

Bloomberg, Wakil Presiden Kamala Harris mengumpulkan dana mencapai US$200 juta atau setara Rp3,26 triliun di pekan pertamanya sebagai calon presiden 2024, yang menyoroti lonjakan antusiasme di kalangan Partai Demokrat untuk calon presiden baru mereka yang juga muncul dalam jajak pendapat.

Peringkat dukungan Harris naik menjadi 43% dari 35% dalam sepakan dan warga AS lebih antusias dengan pencalonannya dibanding mantan Presiden Donald Trump, menurut jajak pendapat ABC News yang diterbitkan Minggu. Lonjakan penggalangan dananya juga menangkal serangan gencar Partai Republik yang menempatkan Trump di depan dalam perlombaan dana.

Ini adalah demonstrasi terbaru tentang bagaimana Demokrat bersatu di belakang wakil presiden, yang meluncurkan pencalonannya pekan lalu, setelah Presiden Joe Biden mengakhiri kampanye pemilihan ulangnya dan mendukung Kamala Harris.

Tim kampanye Harris mengatakan 66% dari penghitungan penggalangan dananya berasal dari para donatur pemula. Pengumpulan terbaru ini memperluas US$81 juta yang ia kumpulkan pada hari pertama setelah Biden keluar, yang disebut tim kampanye sebagai penggalangan dana 24 jam terbesar dari semua kandidat dalam sejarah.