Logo Bloomberg Technoz

WHO: 15 Anak Gaza Tiba di Spanyol untuk Dapatkan Perawatan Medis

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 July 2024 13:30

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) melaporkan terdapat 15 anak asal Gaza dengan komplikasi kesehatan tiba di Spanyol pada awal pekan ini untuk mendapatkan perawatan medis.

WHO melaporkan, dari 15 anak yang mendapatkan perawatan di Spanyol, terdapat 13 anak dengan kondisi luka-luka yang kompleks, 1 anak mengalami penyakit jantung kronis, dan 1 anak mengidap kanker.

"Anak-anak yang sangat sakit ini akan mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan berkat kerja sama antara beberapa mitra dan negara," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam keterangan resminya pekan ini, dikutip Minggu (28/7/2024)

Anak-anak dengan rentang umur 3-17 tahun tersebut awalnya dirawat di Mesir selama beberapa bulan terakhir, setelah mengungsi dari Gaza. WHO menyebut, Ibu dari salah satu anak itu juga akan dirawat di Spanyol.

Anak-anak pengungsi Palestina menunggu mengambil makanan gratis di sebuah kamp di Deir al-Balah, Gaza, Jumat (17/5/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Lebih lanjut, anak-anak tersebut berada di Mesir hingga 6 Mei lalu dan ditemani oleh 25 anggota keluarga hingga pengasuh lainnya. Setelah tanggal tersebut, 23 diantaranya berhasil dievakuasi melalui penyebrangan Kerem Shalom dan sisanya tertahan akibat penutupan penyeberangan di Rafah tersebut.