Logo Bloomberg Technoz

Harris diharapkan membuat keputusan pada 7 Agustus, untuk menyelaraskan dengan rencana partai untuk menominasikan tiket secara virtual pada tanggal tersebut.

Memilih calon wakil presiden akan memantapkan pengusung standar Demokrat untuk menghadapi calon dari Partai Republik Donald Trump dan pasangan JD Vance dalam pemilihan November. 

Sidekick Harris dapat berfungsi sebagai pengganda kekuatan yang dapat berkampanye dan mengumpulkan dana atas namanya, sambil idealnya melengkapi kekuatannya dan menutupi kelemahan apapun.

Sebagian besar daftar Harris terdiri dari politisi pria kulit putih dengan kecenderungan sentris yang dapat membantu Harris menarik pemilih di negara bagian ayunan, serta pemimpin bisnis dan penyumbang dana. 

Mereka memiliki rekam jejak dalam menyerang Trump dan gaya politiknya yang provokatif. Walz telah mendapatkan momentum dengan kaum progresif, cukup untuk mengangkat dirinya menjadi bahan pertimbangan, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

Sekutu Harris mengatakan bahwa chemistry antara wakil presiden dan siapa pun yang dia pilih sama pentingnya dengan atribut politik mereka. Harris tahu sendiri tekanan menjadi nomor dua dalam tiket Demokrat dan mempertimbangkan pengalamannya saat membuat pilihan, menurut para pendukungnya.

Kenaikan Harris untuk menjadi calon dari Partai Demokrat yang mungkin terjadi, setelah keluarnya Presiden Joe Biden yang mengejutkan dari perlombaan, telah mempercepat apa yang biasanya merupakan proses penyaringan calon pasangan yang memakan waktu berbulan-bulan. 

Pemilihan ini akan berlangsung di tengah upaya keras Harris untuk membentuk operasi kampanye Biden sesuai dengan citranya, mendefinisikan dirinya kepada pemilih, dan memperluas dana kampanyenya — semua itu dilakukan dengan waktu sekitar 100 hari hingga Hari Pemilihan.

Demokrat memperingatkan bahwa pencarian tersebut harus tetap menyeluruh untuk menangkap tanda-tanda bahaya apapun. Peringatan tersebut menjadi lebih mendesak saat klip-klip lama muncul dari Vance yang membuat komentar menghina tentang wanita tanpa anak, yang telah mendapat kritik luas.

“Seperti yang ditemukan oleh tim Trump, bukan hanya pemeriksaan hukum yang harus dilakukan oleh tim, tetapi juga harus melalui tweet, pidato, dan klip,” kata ahli strategi Demokrat Karen Finney. 

“Anda menginginkan penyaringan yang menyeluruh, dan Anda ingin melalui volume informasi latar belakang yang substansial untuk memberikan gambaran tentang orang tersebut.”

Pennsylvania Governor Josh Shapiro. (Sumber: Bloomberg)

Mantan Jaksa Agung Eric Holder memimpin proses penyaringan. Firma hukum Holder, Covington & Burling LLP, memiliki 12 hingga 15 berkas tentang kandidat, menurut seseorang yang akrab dengan proses ini, menunjukkan bahwa Harris awalnya menjaring calon dengan luas.

Shapiro adalah gubernur populer dari negara bagian ayunan yang paling penting, dan orator yang terampil yang tampil kuat di daerah pedesaan, yang merupakan kelemahan bagi Demokrat. Walz, mantan guru dan anggota Garda Nasional Angkatan Darat, bisa menghancurkan harapan Trump untuk membuat Minnesota kompetitif dan mencerminkan daya tarik Vance di Midwest.

Negara bagian Kelly berfungsi ganda sebagai medan pertempuran dan daerah perbatasan, dan dia berbeda pendapat dengan Biden dalam masalah imigrasi. Istrinya, Gabrielle Giffords, adalah mantan anggota kongres yang menjadi aktivis pengendalian senjata setelah selamat dari upaya pembunuhan pada tahun 2011.

Harris juga melihat ke dalam Kabinet Biden untuk opsi. Menteri Perdagangan Gina Raimondo dan Menteri Perhubungan Pete Buttigieg sedang disaring, kata orang-orang tersebut.

Seorang pejabat kampanye Harris mengatakan bahwa dia sedang mengevaluasi calon potensial berdasarkan nilai-nilai politik yang sama, termasuk dalam bidang ekonomi dan demokrasi, serta kemampuan mereka untuk bertindak sebagai mitra pemerintahan dan memimpin negara, jika diperlukan.

Peralihan dari Biden ke Harris telah memberikan energi kepada Demokrat, yang telah mengumpulkan puluhan ribu orang dalam panggilan organisasi dan memberikan jutaan dolar dalam sumbangan sejak presiden mengundurkan diri. Tantangan bagi Harris adalah untuk mempertahankan momentum tersebut untuk pilihan mereka.

Minnesota Governor Tim Walz. (Sumber: Bloomberg)

Para calon pengganti Harris sedang menyebar ke medan pertempuran, termasuk beberapa calon pasangan yang mungkin. Akhir pekan ini, Shapiro dan Walz berkampanye di negara bagian asal mereka. Buttigieg memulai tur tiga pelabuhan yang akan membawanya ke medan pertempuran Michigan dan Wisconsin.

Mereka yang dikatakan sedang dipertimbangkan oleh Harris secara terbuka sedikit berbicara tentang proses seleksi — meskipun beberapa tidak menyangkal memiliki minat pada pekerjaan itu.

Wartawan di acara hari Senin tentang hibah lingkungan membombardir Shapiro dengan pertanyaan tentang apakah dia akan dipilih, yang membuatnya menjawab, "apakah kita tidak sedang membicarakan beton lagi?"

Kelly mengatakan kepada wartawan Kamis di luar Capitol AS bahwa proses seleksi ini bukan tentang dirinya, "tetapi saya selalu, selalu ketika saya memiliki kesempatan untuk melayani, saya pikir itu sangat penting untuk dilakukan."

Arizona Senator Mark Kelly. (Sumber: Bloomberg)

Demokrat di Washington sedang memainkan permainan tebak-tebakan tentang siapa yang menurut mereka akan menjadi pasangan terbaik bagi Harris.

“Saya tahu kebijaksanaan umum adalah bahwa dia perlu memilih pria kulit putih. Saya tidak tidak setuju bahwa keseimbangan gender semacam itu baik, tetapi jika Anda ingin mengambil risiko besar, Anda bisa memilih tiket Harris-Whitmer yang akan menggairahkan banyak orang,” kata mantan Pemimpin Mayoritas Senat Tom Daschle, merujuk pada Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, yang telah mengatakan bahwa dia tidak akan menerima jika diminta.

Daschle menambahkan bahwa Kelly dan Shapiro juga akan “memberikan kontras yang fantastis” dengan Vance.

Menjelang akhir pekan, lorong-lorong Kongres penuh dengan kegembiraan tentang siapa yang akan dipilih oleh Harris. Senator Laphonza Butler, sekutu dekat Harris, menyebut Kelly cerdas dan mengatakan dia masuk ke pelayanan publik “untuk semua alasan yang benar.”

Pilihan Harris, katanya, “akan bergantung pada hubungan seperti apa, dan tingkat keakraban serta kesetiaan yang dia rasakan dengan siapa pun yang dia pilih.”

(bbn)

No more pages