Logo Bloomberg Technoz

KPK OTT Suap Proyek Perkeretaapian di Semarang dan Jakarta

Sultan Ibnu Affan
11 April 2023 21:22

Ilustrasi KPK. (Tangkapan layar via website KPK)
Ilustrasi KPK. (Tangkapan layar via website KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dalam dugaan kasus tindak pidana korupsi di Semarang, Jawa Tengah; dan Jakarta. Dalam operasi, penyidik lembaga antirasuah tersebut menangkap sejumlah orang.

"Benar, hari ini KPK lakukan tindakan tangkap tangan," kata juru bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (11/4/2023).

Menurut jaksa tersebut, penyidik KPK memang sedang melakukan penyidikan dalam dugaan tindak pidana suap di Direktorat Jenderal Balai Perkeretaapian (DJKA) Jawa Tengah. Suap tersebut, kata dia, berkaitan dengan proyek Stasiun Tegal, Jawa Tengah.
 
Ali mengatakan, penyidik saat ini sudah menangkap dan memeriksa sejumlah orang. Mereka terdiri dari penyelenggara negara dan pihak swasta. Meski demikian, dia masih enggan mendetilkan jumlah orang yang ditangkap dan tersangka dalam kasus tersebut.

Berdasarkan informasi, KPK juga telah menyita sejumlah barang bukti. Beberapa di antaranya adalah barang bukti senilai Rp 350 juta, ATM dengan saldo Rp 300 juta, dan uang tunai Rp 900 juta.

"Tim KPK segera lakukan permintaan keterangan terhadap pihak dimaksud," ujar Ali.