Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan KIT Batang, Berharap Bisa Serap 250 Ribu Pekerja

Pramesti Regita Cindy
26 July 2024 19:55

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Operasional Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).

Jokowi mengatakan dibangunnya KIT Batang ini tidak terlepas dari tantangan ekonomi berupa perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) sejak 2019 dan hadirnya Covid-19 pada 2020. 

Dengan iklim ekonomi dan investasi yang terjaga baik di dalam negeri, Jokowi menyatakan banyak industri berkeinginan untuk relokasi dan membangun di Indonesia karena stabilitas ekonomi yang baik dan inflasi yang rendah.

"Stabilitas ekonomi bagus mobilitas politik juga bagus dan saya merasakan itu. Indonesia yang banyak dilihat oleh investor dari luar, tapi kalau kita tidak melakukan keputusan yang cepat dan melaksanakan keputusan dengan cepat, peluang itu pasti akan hilang," jelas Jokowi dalam sambutannya yang juga disiarkan secara daring. 

Jokowi juga mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian Indonesia dalam World Competitive Index yang melompat ke peringkat 27. Jokowi memastikan kenaikan tersebut terjadi karena performa ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi pebisnis, hingga kesiapan infrastruktur yang ada di Indonesia.