Logo Bloomberg Technoz

Desain Baju RI untuk Pembukaan Olimpiade Terinspirasi Raden Saleh

News
26 July 2024 19:35

Seragam defile tim Indonesia di pembukaan Olimpiade Paris 2024. (Akun Instagram @timindonesiaofficial)
Seragam defile tim Indonesia di pembukaan Olimpiade Paris 2024. (Akun Instagram @timindonesiaofficial)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah jersey Merah Putih rancanangan Didit Hediprasetyo diperkenalkan pada publik awal Juli lalu, kini putra presiden terpilih Prabowo Subianto itu mendesain seragam defile tim Indonesia yang akan dipakai saat upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Seragam tersebut diungkap lewat unggahan Instagram @timindonesiaofficial, yang merupakan akun Instagram resmi tim Indonesia untuk ajang olahraga internasional. Dalam unggahan tersebut, ada atlet dan publik figur berpose dalam balutan seragam yang identik dengan warna biru dan merah tersebut. Ada dua atlet renang yang bertanding di Olimpiade, Joe Aditya dan Zahra Permatahani, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Anindya Bakrie, juga aktor Nicholas Saputra dan Marissa Anita.

Seragam buatan desainer haute couture yang berbasis di Paris ini terdiri dari baju bergaya beskap untuk pria dan atasan model kebaya kebaya kutu untuk wanita. Keduanya sama-sama disandingkan dengan celana panjang putih.

Tidak ketinggalan aksesori tambahan berupa blangkon kulit hitam dan selop senada yang menciptakan kesan edgy pada penampilan para pria.

Dalam keterangan di Instagram, Didit dikatakan terinspirasi oleh Raden Saleh, yakni pelukis asal Jawa dari abad ke-19.