Logo Bloomberg Technoz

Ketiga, PBB menyerukan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dengan menggunakan data dan sains, dan keempat, untuk membatasi suhu global hingga 1,5 derajat Celcius untuk menghindari panas yang lebih mematikan di masa depan. Guterres menyerukan seperti yang telah dia lakukan sebelumnya untuk mengakhiri proyek batu bara baru dan menghapus bahan bakar fosil “secara cepat dan adil.”

Langkah-langkah potensial yang dapat diambil pemerintah untuk melindungi penduduknya dari panas dirinci dalam laporan bersama baru dari badan-badan PBB. Para pejabat dapat berinvestasi dalam proyek pendinginan pasif, meningkatkan efisiensi energi bangunan, meninjau undang-undang untuk memastikan para pekerja memiliki perlindungan, dan meningkatkan pengeluaran untuk mengurangi dan beradaptasi dengan perubahan iklim. Mereka juga dapat membangun dan memperkuat sistem peringatan dini untuk panas. Guterres mencatat bahwa meningkatkan sistem peringatan panas dan kesehatan di 57 negara dapat menyelamatkan hampir 100.000 nyawa setiap tahun, menurut WHO dan Organisasi Meteorologi Dunia.

Senin, 22 Juli adalah hari terpanas yang pernah tercatat secara global, menurut Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa, mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat sehari sebelumnya pada Minggu, 21 Juli. Dunia juga baru saja mengalami bulan Juni terpanas, menandai bulan ke-13 berturut-turut yang mencatat rekor suhu rata-rata baru. Ilmuwan iklim mengatakan semua panas ini menempatkan tahun 2024 di jalur untuk melampaui tahun 2023 sebagai tahun terpanas yang pernah tercatat.

Suhu tinggi berdampak negatif pada kehidupan orang di seluruh dunia. Sekolah-sekolah tutup lebih awal, tanaman layu dan infrastruktur rusak. Dampak yang paling mengerikan adalah pada kesehatan manusia, dengan panas ekstrem menyebabkan semakin banyak orang jatuh sakit dan meninggal dunia. Dalam satu minggu di bulan Juni, misalnya, lebih dari 1.300 orang meninggal selama ibadah Haji di Arab Saudi di tengah gelombang panas.

“Panas ekstrem memiliki dampak ekstrem pada manusia dan planet,” kata Guterres. “Dunia harus bangkit menghadapi tantangan kenaikan suhu.”

(bbn)

No more pages