Logo Bloomberg Technoz

Jaringan Kereta Cepat Prancis Disabotase Jelang Olimpiade

News
26 July 2024 16:40

Layanan Eurostar. (Fotografer: Hollie Adams/Bloomberg)
Layanan Eurostar. (Fotografer: Hollie Adams/Bloomberg)

Julien Ponthus dan Valentine Baldassari - Bloomberg News

Bloomberg, Kereta api menuju dan dari Paris, termasuk layanan Eurostar internasional, menjadi sasaran dari apa yang disebut pihak berwenang sebagai "serangan besar-besaran yang bertujuan melumpuhkan jaringan" kereta cepat Prancis hanya beberapa jam sebelum upacara pembukaan Olimpiade 2024.

"Tindakan jahat yang terkoordinasi menargetkan beberapa jalur TGV tadi malam dan akan sangat mengganggu lalu lintas hingga akhir pekan ini," tulis Menteri Perhubungan Prancis Patrice Vergriete dalam sebuah posting di jejaring sosial X.

Kebakaran terjadi di beberapa titik jalur kereta api, dengan orang-orang terlihat melarikan diri dari lokasi kejadian menggunakan van, kata Jean-Pierre Farandou, kepala perusahaan kereta api nasional SNCF, kepada BFM TV. Dia menambahkan bahwa perusahaan harus memperbaiki jaringan kabelnya satu per satu. Sekitar 800.000 penumpang akan terdampak serangan tersebut.

Gangguan ini terjadi di tengah peningkatan keamanan di seluruh Paris, dengan puluhan ribu polisi dikerahkan untuk mengamankan Olimpiade. Sebagai persiapan, bagian besar wilayah kota telah dipagari, dengan lokasi Olimpiade, stasiun kereta api, dan tempat wisata dijaga oleh petugas bersenjata, termasuk unit anti-terorisme dan militer.