Logo Bloomberg Technoz

Ada Fraud di 3 RS, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Tetap Normal

Muhammad Fikri
26 July 2024 14:50

Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron di DPR, Kamis (6/6/2024). (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz).
Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron di DPR, Kamis (6/6/2024). (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan memastikan proses penanganan fraud atas pengajuan klaim fiktif tak mengganggu layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron membantah ada penghentian pembayaran atau pembiayaan pada layanan kesehatan. Dia mengklaim, pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di semua fasilitas kesehatan masih berjalan normal.

"Perlu kami sampaikan juga kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak perlu resah, saat ini pelayanan bagi peserta JKN di fasilitas kesehatan berjalan seperti biasa," kata Ali saat dihubungi, Jumat (26/7/2024).

Secara paralel, kata dia, BPJS Kesehatan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menuntaskan dugaan fraud yang terjadi. 

Tim gabungan ini masih melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap pengajuan klaim fiktif senilai Rp35 miliar oleh satu rumah sakit di Jawa Tengah; dan dua rumah sakit di sumatra Utara. Satu rumah sakit berada di Jawa Tengah dengan phantom billing mencapai Rp29 miliar; serta dua rumah sakit di Sumatra Utara dengan dugaan klaim Rp4 miliar dan Rp1 miliar.