Logo Bloomberg Technoz

Pemulihan pariwisata, yang dibantu oleh pelonggaran pembatasan perjalanan dan kembalinya turis China, akan menjadi pendorong utama pemulihan tahun ini, kata Wakil Menteri Keuangan Paopoom Rojanasakul, seraya menambahkan bahwa koordinasi yang lebih besar antara kebijakan fiskal dan moneter dapat mendorong pertumbuhan hingga mencapai 3% tahun ini.

PDB Thailand. (Dok: Bloomberg)

Revisi pandangan pertumbuhan 2,7%--yang sesuai dengan pembacaan Dana Moneter Internasional (IMF) pada April--memvalidasi pendirian Bank of Thailand (BOT) bahwa pemulihan ekonomi semakin cepat dan dapat meringankan tekanan pada para pembuat kebijakan untuk memangkas suku bunga.

Bank sentral telah menolak seruan berulang kali dari Perdana Menteri Srettha Thavisin dan para pembantunya untuk menurunkan biaya pinjaman, dengan mengatakan bahwa tingkat suku bunga pada tingkat tertinggi dalam satu dekade terakhir ini mendukung pertumbuhan, dan memastikan stabilitas keuangan.

Dengan pertumbuhan Thailand yang tertinggal dari negara-negara lain di kawasan ini selama bertahun-tahun, pemerintah telah mengumumkan rencana program pemberian uang tunai sebesar US$14 miliar untuk menstimulasi aktivitas ekonomi.

Rencana tersebut--yang bertujuan untuk memberikan 10.000 baht kepada setiap warga Thailand yang berusia 16 tahun ke atas di bawah kelompok pendapatan tertentu--telah dikuliti oleh bank sentral, yang menyerukan agar program ini ditargetkan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang lebih miskin.

Paopoom mengatakan bahwa proyeksi PDB Kementerian Keuangan tidak termasuk dampak dari pembagian uang tunai yang ditetapkan untuk kuartal keempat, dan perekonomian akan semakin diuntungkan oleh langkah-langkah yang baru saja diumumkan, seperti pinjaman lunak untuk usaha-usaha kecil dan insentif-insentif pajak.

Data ekonomi Thailand. (Dok: Bloomberg)

Pariwisata adalah salah satu industri utama Thailand yang menyumbang sekitar 20% dari total lapangan kerja dan menyumbang sekitar 12% dari ekonomi negara senilai US$500 miliar. 

Kedatangan wisatawan asing tahun ini hingga 21 Juli naik sekitar 34% menjadi 19,6 juta dari periode yang sama di tahun 2023. Pada tahun 2019 sebelum pandemi, Thailand mencatatkan rekor 40 juta kedatangan wisatawan asing dengan jumlah warga China mencapai sekitar 28% dari total kedatangan.

(bbn)

No more pages