Logo Bloomberg Technoz

“Ya makanya nanti itu bertahap, kita tidak tahu kapan periodenya. Lagi dihitung betul-betul, kita tidak mau juga mengganggu ekonomi yang cukup bagus sekarang,” ujarnya.

Terlebih, peningkatan kualitas berpotensi bakal mengerek harga produksi yang juga berdampak pada kenaikan harga. “Nanti bisa saja kenaikan harganya Rp10 atau Rp20 overtime, jadi tidak terasa, tetapi sudah low sulphur."  

Harga Pertalite

Luhut juga menegaskan bahwa harga Pertalite tidak mengalami perubahan. Namun, penyalurannya memang bakal lebih tepat sasaran.

Dengan demikian, kata Luhut, pemerintah saat ini tengah melakukan perhitungan agar penyaluran BBM yang mendapatkan subsidi maupun kompensasi menjadi tepat sasaran.

“Mestinya kita hemat Rp45 triliun atau lebih, jadi kita lagi mikir, hitung sekarang bagaimana,” ujarnya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya mengatakan pemerintah bakal melakukan uji coba atau pilot project terhadap BBM rendah sulfur pada 17 Agustus 2024.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pemerintah tengah mencari bahan pencampur yang yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat sulfur dalam BBM tersebut.

Terlebih, tingkat sulfur pada BBM saat ini masih berada di level 500 ppm, sementara standar emisi Euro 5 mengharuskan sulfur di bawah 50 ppm.

“Namun, menuju ke sana ada ongkosnya, tetapi kilang kita belum selesai yang di Balikpapan,” ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (12/7/2024).

(dov/wdh)

No more pages