Logo Bloomberg Technoz

Klarifikasi Luhut Soal Riuh Pertamina Mau Luncurkan BBM Baru

Dovana Hasiana
26 July 2024 14:00

Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)
Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan saat ini pemerintah tidak memiliki rencana untuk membuat jenis bahan bakar minyak (BBM) baru, melainkan hanya meningkatkan kualitas dari produk yang sudah ada.

Menurut Luhut, kualitas BBM yang tersedia di Indonesia secara bertahap bakal lebih bagus, termasuk mengikuti standar emisi Euro 4 dan Euro 5.

“Bukan [membuat] BBM baru, masih sama, tetapi dengan kualitas lebih bagus. Bensin [red. solar] kita sekarang ini kan sulfurnya masih 500 parts per million [ppm]. Jadi ya kita semua kena dampaknya. Kita mau nurunin sampai low sulphur,” ujar Luhut saat ditemui usai acara peluncuran Golden Visa, dikutip Jumat (26/7/2024).

Adapun, Luhut mengatakan BBM rendah sulfur bisa dicapai melalui perbaikan dan penyesuaian terhadap kilang minyak, khususnya kepada yang sudah berumur.

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian

Dengan demikian, peningkatan kualitas BBM milik PT Pertamina (Persero) bakal dilakukan secara bertahap, termasuk untuk jenis yang mendapatkan subsidi. Namun, Luhut tidak bisa memastikan periode waktu peningkatan kualitas BBM yang mendapatkan subsidi tersebut.