Logo Bloomberg Technoz

BOK setiap tahun melaporkan ekonomi Korut berdasarkan data yang dikumpulkannya dari berbagai lembaga, dan angkanya dianggap sebagai salah satu analisis terbaik tentang aktivitas yang dilakukan oleh tetangganya yang tertutup itu.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina lebih dari dua tahun yang lalu, AS dan Korsel menuduh Kim mengirimkan jutaan amunisi dan sejumlah rudal balistik kepada Presiden Vladimir Putin untuk membantu perang yang dilancarkannya kepada tetangganya itu

Moskow dan Pyongyang membantah tuduhan tersebut, meskipun ada bukti yang menunjukkan adanya pengiriman senjata. Meskipun nilai pasti dari transfer tersebut tidak termasuk dalam angka-angka dari BOK, Korut telah menerima bahan-bahan untuk ekonominya dan makanan pokok dari Rusia yang telah membantu Kim menstabilkan harga dan kemungkinan besar meningkatkan produksi.

Kim berjanji untuk "mendukung tanpa syarat" Rusia dalam invasinya ke Ukraina saat ia menjadi tuan rumah bagi Putin di Pyongyang bulan lalu dalam kunjungan pertama presiden ke Korut dalam 24 tahun. Kunjungan ini memperdalam hubungan di tengah kekhawatiran AS mengenai pasokan senjata ke mesin perang Kremlin.

Meskipun ekonomi Korut mencatat salah satu ekspansi terbesar sejak Kim mengambil alih rezim setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il, pada tahun 2011, negara ini masih menjadi salah satu negara termiskin di dunia, dan badan-badan PBB mengatakan bahwa sebagian besar populasinya menderita kekurangan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Pertumbuhan ekonomi Korut. (Dok: Bloomberg)

Pendapatan nasional bruto, yang mengukur total kekayaan yang diperoleh individu dan bisnis di suatu negara, mencapai 40,9 triliun won (US$29,5 miliar) di Korut tahun lalu, setara dengan sepersepuluh dari pendapatan nasional Korsel, demikian ungkap BOK. GNI per kapita mencapai 1,6 juta won tahun lalu, hanya sepersepuluh dari GNI per kapita di Korsel.

Kim Jong Un awal bulan ini mengatakan bahwa ekonomi Korut berada dalam "peningkatan yang jelas" ketika negaranya mengklaim telah melakukan uji coba yang sukses terhadap rudal balistik taktis yang dapat dikirim ke Rusia sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan kepada rezimnya.

Kim, sementara itu, telah menghabiskan banyak uang untuk program rudalnya. Uji coba rudal tahun lalu menghabiskan dana sekitar US$1 miliar, kata Menteri Pertahanan Korsel Shin Wonsik dalam wawancara dengan Bloomberg News bulan lalu.

"Korut mengabaikan penderitaan rakyatnya demi melakukan provokasi rudal," kata Shin. "Uang itu cukup untuk menutupi kekurangan pangan Korut selama setahun."

(bbn)

No more pages