Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Korut Menguat Saat Kim-Putin Jalin Perdagangan Senjata

News
26 July 2024 11:35

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Samsul Said/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Samsul Said/Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Korea Utara (Korut) bangkit kembali karena transfer senjata dengan Rusia memberikan dukungan bagi rezim Kim Jong Un, yang memungkinkan pemimpin tersebut untuk menghindari diplomasi ketika dia meningkatkan ancamannya terhadap AS dan Korea Selatan (Korsel). 

Produk domestik bruto (PDB) Korut meningkat 3,1% pada tahun 2023 dari tahun sebelumnya, mengakhiri tiga tahun berturut-turut mengalami kontraksi dan membukukan pertumbuhan terbesar sejak tahun 2016, menurut estimasi yang dipublikasikan pada Jumat (25/7/2024) oleh bank sentral Korsel.

Pertumbuhan tersebut terjadi ketika Kim semakin dekat dengan Moskow, mengabaikan seruan AS untuk kembali ke pembicaraan perlucutan senjata dan membatalkan pembatasan perbatasan yang diberlakukan pada awal pandemi Covid-19 yang menghantam jeda perdagangan untuk ekonominya yang dilanda sanksi.

PDB Korut. (Dok: Bloomberg)

Industri berat dan kimia memimpin pertumbuhan ekonomi, berekspansi 8,1% dari tahun sebelumnya, kata Bank of Korea (BOK). Meskipun tidak menyebutkan apakah industri-industri tersebut terlibat dalam pembuatan senjata, laporan tersebut mencatat peningkatan produksi logam primer, yang mungkin termasuk besi, baja, tembaga, nikel, dan aluminium.