Logo Bloomberg Technoz

“Itu tidak berarti akan ada permintaan untuk ETF khusus ini. Tetapi karena semakin banyak investor yang tertarik dengan ETF spot dengan penempatan kripto tradisional, saya berharap untuk melihat proposal strategi kripto di tengah gelombang permintaan tersebut.”

Grafik aliran dana ETF Bitcoin Milik BlackRock.

Peluncuran reksa dana baru semakin sering terjadi di pasar ETF AS yang sedang berkembang pesat senilai US$9,4 triliun. Sejauh tahun ini, lebih dari 330 fund baru telah mulai diperdagangkan, dibandingkan dengan sekitar 500 reksa dana yang terlihat sepanjang tahun lalu.

Meski demikian fund ini dapat ditutup secepat mereka muncul saat pasar jenuh—lebih dari 100 ETF telah ditutup pada 2024, jumlah yang sama terlihat pada saat ini tahun lalu, menurut data.

Debut sukses tahun ini untuk ETF Bitcoin dan Ether mengejutkan banyak analis karena aliran dana masuk lebih kuat dari yang diharapkan.

8 dari 9 ETF Ether telah menerima dana masuk sejak awal peluncurannya pada awal pekan ini, dengan produk dari BlackRock dan Bitwise yang masing-masing menerima lebih dari US$200 juta.

Dalam perkembangannya seluruh ETF Ether — bahkan koin Ethereum itu sendiri— merosot pada hari Kamis di tengah sinyal pelaku pasar melakukan aksi “sell on news”.

Data perdagangan Ether.

Sementara itu, ETF Bitcoin telah meraup US$17,5 miliar hingga saat ini. 

Peresmian reksa dana yang diperdagangkan di bursa tradisional, yang telah lama direncanakan, menandakan melunaknya iklim regulasi di AS untuk sektor aset digital. Hal ini mungkin mendorong para manajer aset untuk semakin kreatif. 

“Saya yakin para penerbit akan mendorong batas-batas. Mereka selalu mencari cara-cara kreatif untuk menghasilkan uang,”  kata Athanasios Psarofagis dari Bloomberg Intelligence.

ETF terbalik dan dengan leverage, yang menggunakan derivatif untuk meningkatkan imbal hasil atau membayar kebalikan dari imbal hasil saham atau indeks, telah melonjak popularitasnya selama setahun terakhir.

Ritel khususnya telah menangkap peluang untuk melipatgandakan keuntungan mereka—dengan risiko juga memperbesar kerugian.

ETF dengan leverage mampu mengumpulkan sekitar US$9 miliar arus masuk sejauh ini pada tahun 2024, di jalur yang tepat untuk melampaui US$10,2 miliar tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg Intelligence.

ETF Bitcoin dengan leverage, yang diperdagangkan di bawah ticker BITX, telah menerima hampir US$2 miliar sepanjang tahun ini, di tengah kenaikan sebesar 50%.

(bbn)

No more pages