Logo Bloomberg Technoz

Menteri KKP Diperiksa KPK Tapi Masuk dari Pintu Belakang

Muhammad Fikri
26 July 2024 10:55

Sakti wahyu Trenggono (Instagram @swtrenggono)
Sakti wahyu Trenggono (Instagram @swtrenggono)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono datang ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi di kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa kerjasama antara PT Telkom (Persero) dan PT Telemedia Onyx Pratama (TOP).

Namun, ada yang berbeda dengan prosedur umum pemeriksaan saksi di KPK terhadap mantan wakil dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersebut. Dia terlihat masuk dan naik ke ruang penyidikan melalui pintu belakang Gedung Merah Putih KPK.

Padahal, seluruh pejabat negara hingga tersangka yang menjalani pemeriksaan di KPK selalu melewati pintu utama di bagian depan gedung. Hal ini juga yang memungkinkan para wartawan untuk memantau kehadiran dan melakukan wawancara singkat.

Sedangkan pintu belakang kerap digunakan secara khusus oleh pimpinan dan pejabat KPK yang memang untuk keperluan keamanan dan kerahasiaan. 

Juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto belum memberikan respon soal alasan Menteri Wahyu datang dan boleh menggunakan pintu belakang. Dia hanya membenarkan mantan bendahara tim pemenangan Jokowi sejak Pilkada Solo tersebut telah memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK.