Logo Bloomberg Technoz

Jatim Satu-satunya Provinsi Berpendapatan Menengah Atas di Jawa

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 July 2024 08:30

Ilustrasi proyek Pekerjaan Jalan Lot 1A : Brumbun – P.Sibe di Tulungagung, Jawa Timur yang diterima Hutama Karya (Dok. Hutama Karya)
Ilustrasi proyek Pekerjaan Jalan Lot 1A : Brumbun – P.Sibe di Tulungagung, Jawa Timur yang diterima Hutama Karya (Dok. Hutama Karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mengungkapkan hanya provinsi Jawa Timur yang tercatat menjadi wilayah berpendapatan menengah ke atas di Pulau Jawa pada 2023.

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa wilayah lainnya di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Yogyakarta masih tercatat sebagai wilayah berpendapatan menengah ke bawah pada 2023.

“Di Jawa, hanya Jawa Timur saja yang masuk ke upper middle income, sementara Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja itu di bawah,” ucap Suharso dalam rapat kerja Komite IV DPD RI bersama Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Bappenas RI, dan Gubernur BI, Selasa (11/06/2024).

Berdasarkan bahan paparannya, produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita Jawa Timur pada 2023 tercatat sebesar US$4,614 sehingga wilayah tersebut masuk dalam kategori berpendapatan menengah ke atas atau upper middle income economy.

Sementara itu, PDRB Jawa Barat pada 2023 tercatat sebesar US$3,415. Selanjutnya, Jawa Tengah senilai US$2,932. Serta, Yogyakarta dilaporkan sebesar US$3,137.