Logo Bloomberg Technoz

Musk: Direksi Tesla Akan Pertimbangkan Investasi xAI Rp81,68 T

News
26 July 2024 07:20

Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)

Dana Hull dan Kara Carlson - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk mengatakan bahwa dewan direksi Tesla Inc akan mendiskusikan apakah perusahaan pembuat kendaraan listrik tersebut perlu menginvestasikan US$5 miliar (Rp81,68 triliun) ke dalam perusahaan rintisan (startup) kecerdasan buatan (artificial intelligence) miliknya, xAI.

Awal pekan ini, Musk bertanya kepada para pengguna X melalui sebuah jajak pendapat apakah mereka setuju bahwa kesepakatan tersebut merupakan ide yang bagus. Setelah lebih dari dua pertiga responden memberikan suara setuju, CEO mengatakan, tampaknya "publik mendukung" dan pembuat mobil listrik akan mempertimbangkan masalah ini.

Dalam jajak pendapat awal yang diunggah pada Selasa (23/7/2024), Musk mengatakan bahwa persetujuan dewan direksi Tesla dan pemungutan suara pemegang saham akan diperlukan sebelum investasi dilakukan.

Pertanyaan ini diajukan tak lama setelah produsen mobil ini melaporkan laba yang mengecewakan pada kuartal keempat berturut-turut, dan Musk ditanya apakah perusahaan akan berinvestasi di xAI atau mengintegrasikan bot obrolannya, yang disebut Grok, ke dalam perangkat lunak Tesla.