Logo Bloomberg Technoz

Dampak Topan Gaemi: 24 Orang Tewas, 2 Kapal Tenggelam

News
25 July 2024 20:00

Warga terjebak banjir yang disebabkan oleh Topan Gaemi di kota Quezon, Metro Manila, Filipina, pada 24 Juli. (Dok: Ezra Acayan/Getty Images)
Warga terjebak banjir yang disebabkan oleh Topan Gaemi di kota Quezon, Metro Manila, Filipina, pada 24 Juli. (Dok: Ezra Acayan/Getty Images)

Sing Yee Ong, Cindy Wang dan Manolo Serapio Jr. - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang di Taiwan berpacu mencari awak kapal yang hilang setelah sebuah kapal karam dalam cuaca buruk akibat Topan Gaemi yang menerjang wilayah tersebut, sebelum melemah saat menuju China.

Menurut pernyataan dari kementerian transportasi, sembilan warga negara Myanmar hilang dari sebuah kapal kargo yang mengalami "kesulitan" di lepas pantai kota Kaohsiung, Taiwan selatan. Kapal-kapal terdekat sedang melakukan survei di daerah tersebut untuk mencari korban selamat.

Di Filipina, sebuah kapal tanker yang membawa 1,4 juta liter minyak bahan bakar industri karam pada Kamis (25/07/2024) dan menyebabkan tumpahan minyak. Satu anggota awak tewas, tetapi 16 lainnya berhasil diselamatkan, kata penjaga pantai negara itu. Pihaknya menambahkan bahwa personel perlindungan lingkungan telah dikerahkan untuk "mengatasi tumpahan minyak."

Sempat menjadi topan super, Gaemi membawa angin hingga 185 kilometer per jam dan hujan deras yang menyebabkan pemadaman listrik bagi ratusan ribu rumah, banjir, dan menewaskan setidaknya 24 orang di kedua kepulauan tersebut.