Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Unilever Mulai Membaik di Paruh Pertama 2024

News
25 July 2024 19:00

Unilever. (Peter Boer/Bloomberg)
Unilever. (Peter Boer/Bloomberg)

Dasha Afanasieva - Bloomberg News

Bloomberg, Saham Unilever Plc naik setelah perusahaan berhasil meningkatkan volume penjualan dan profitabilitas pada paruh pertama tahun ini, seiring dengan upaya pemulihan yang dilakukan CEO Hein Schumacher yang mulai membuahkan hasil.

Margin operasi dasar grup konsumen Anglo-Dutch tersebut mencapai hampir 20% pada paruh pertama, dibandingkan dengan sekitar 18% yang diperkirakan oleh analis. Pertumbuhan volume penjualan juga meningkat karena beberapa pembeli mulai membeli lebih banyak barang bermerek lagi seiring dengan meredanya tekanan inflasi.

Saham Unilever naik hingga 7% dalam perdagangan awal di London. Saham tersebut naik sekitar 11% dalam 12 bulan terakhir.

Pembuat sabun Dove asal Inggris dan Belanda ini tengah melakukan perubahan besar yang mencakup potensi pemisahan atau penjualan bisnis es krimnya dan inisiatif pemangkasan biaya yang akan mengurangi 7.500 pegawai secara global. Schumacher juga mengurangi beberapa tujuan lingkungan dan sosial perusahaan, dengan mengatakan target sebelumnya tidak realistis. Rencana pemulihannya bertujuan untuk menyederhanakan grup dan melakukan lebih sedikit hal dengan lebih baik.