Logo Bloomberg Technoz

Tren Harga Rumah Seken Juli 2024: Jakarta Stagnan

Pramesti Regita Cindy
25 July 2024 18:00

Ilustrasi Perumahan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Perumahan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Head of Research lokapasar properti, Rumah123, Marisa Jaya mencatat adanya tren penuruan terhadap Indeks Harga Rumah Seken atau Resale Price Index (RPI) pada Juli 2024, yang disebut lebih rendah 1,0 dibandingkan dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Juni 2024 secara nasional.

Selain itu, kata Marisa, pada bulan ini pertumbuhan RPI tercatat lebih rendah dibandingkan dengan angka inflasi di mana pertumbuhan RPI secara tahunan atau year on year (yoy) mencapai sebesar 2,3% dan inflasi tahunan 2,51%.

"Sejak Maret 2024, inflasi tahunan mencatatkan penurunan yang cukup konsisten, sementara RPI mulai pulih dan mencatatkan kenaikan yang hampir terjadi di semua kota, jika tren terus berlanjut, maka pertumbuhan RPI yoy berpotensi mengalahkan inflasi tahunan kedepannya," jelas Marisa dalam laporannya, Kamis (25/7/2024).

Selain itu, dia melaporkan, dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, pada Juni 2024 sebagian kota besar juga mencatatkan pertumbuhan secara bulanan -7 dari 13 kota- dan secara tahunan -11 dari 13 kota. Hal ini menandakan mulai pulihnya sektor hunian seken memasuki semester II-2024, pascaperiode Ramadan, Idulfitri dan Pemilu 2024 yang terjadi dalam waktu berdekatan.

"Kota-kota yang dapat mengalahkan inflasi, masih sama seperti bulan sebelumnya, hanya tercatat di Bogor, Semarang, dan Denpasar. Jika pertumbuhan RPI terus tercatat konsisten hingga bulan-bulan ke depan, diharapkan pertumbuhan harga di kota-kota lainnya juga dapat mengalahkan inflasi," sambungnya.