Logo Bloomberg Technoz

Hal tersebut, kata Susi, diharapkan oleh Gaikindo agar segera terealisasi pasalnya permintaan kendaraan roda empat pada semester 1-2024 mengalami penurunan dan diharapkan dapat kembali naik dengan fasilitas PPnBM DTP.

“Sehingga mereka berharap pertumbuhan mereka yang di semester 1 kemarin katanya turun, saya lupa angka karena turunnya signifikan. Untuk dia dua ini kuncinya PPnBM DTP dan pengaturan leasing dari teman-teman di OJK,” ungkap Susi.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa pemberian insentif PPnBM DTP merupakan kewenangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurut dia, hal tersebut hanya sekadar catatan dari asosiasi dan pihaknya akan menampungnya sebagai bahan kajian.

“Mereka [Asosiasi] kemarin menyampaikan produksinya luar biasa, utilisasi nya kurang bisa maksimal, karena demand nya juga lagi turun. Masalah demand turun itu, mereka ngusulin dua hal ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Penjualan mobil tercatat sebesar 72.936 unit pada Juni 2024, berdasarkan data milik PT Astra International Tbk (ASII). Perinciannya, penjualan mobil ASII tercatat sebesar 43.908 unit dan penjualan mobil non-ASII tercatat 29.028 unit pada Juni 2024.

Adapun, penjualan mobil pada Juni meningkat tipis 2,29% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebanyak 71.306 unit. Namun, angka ini turun 11,76% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar 82.656 unit.

"Pada Juni 2024, penjualan mobil Astra tercatat tumbuh positif, terefleksi dengan meningkatnya pangsa pasar mobil Astra menjadi 60%,” ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam siaran pers, Selasa (9/7/2024).

(azr/lav)

No more pages