Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Rusia Hadapi Masalah Pembayaran Akibat Sanksi Barat

News
25 July 2024 15:40

Bank of Russia di Moskow. (Dok: Bloomberg)
Bank of Russia di Moskow. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin menentang upaya Barat untuk mengisolasinya secara internasional, dengan bertemu dengan lebih dari 20 pemimpin dunia sejak Mei.

Pembatasan baru AS yang diberlakukan pada Juni untuk membendung dukungan bagi perang Kremlin di Ukraina telah menempatkan bank-bank lokal di negara-negara yang berdagang dengan Rusia pada risiko yang lebih tinggi dari hukuman sekunder, yang semakin menunda atau mengganggu pembayaran dari dan ke tempat-tempat seperti China dan Turki.

Hal ini menyulitkan, dan terkadang mustahil, untuk melakukan transaksi, terutama dengan China, yang merupakan mitra ekonomi terpenting Rusia sejak dimulainya perang tahun 2022.

Meskipun masalah-masalah dalam mentransfer keuntungan dari mitra dagang utama lainnya, India, telah berkurang sejak tahun-tahun awal perang, masalah-masalah tersebut belum sepenuhnya terselesaikan karena rupee belum sepenuhnya dapat dikonversikan dan bertransaksi di negara-negara ketiga sangat mahal, kata seseorang yang dekat dengan pemerintah Rusia, yang menolak disebutkan namanya karena informasinya tidak bersifat publik.