Logo Bloomberg Technoz

Harga Tiket Pesawat Global Mulai Turun, Termasuk Rute ke RI

News
25 July 2024 15:30

Pesawat penumpang terbesar di dunia A380 milik maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (1/5/2023). (Dok. Kemenhub)
Pesawat penumpang terbesar di dunia A380 milik maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (1/5/2023). (Dok. Kemenhub)

Angus Whitley - Bloomberg News

Bloomberg, Qantas Airways Ltd, yang biasanya tidak menawarkan diskon besar, telah memangkas harga tiket lebih dari enam kali pada tahun ini. Di sisi lain, Virgin Australia rata-rata melakukan setidaknya satu diskon tarif dalam sebulan. Bahkan, Ryanair Holdings Plc, yang secara praktis menciptakan perjalanan udara Eropa yang terjangkau, mengatakan bahwa penerbangan kini makin murah.

Penumpang di seluruh dunia kini bisa terhindar dari kegilaan tarif mahal yang sempat terjadi setelah pandemi. Alih-alih, penurunan harga tiket maskapai lebih lanjut diproyeksikan segera terjadi.

Hal ini merupakan penyeimbangan kembali sebagian kekuatan dari lonjakan permintaan pasca-Covid yang memberi maskapai penerbangan kebebasan mengendalikan tarif.

Ketika pembatasan perjalanan dicabut dan dunia segera terhubung kembali, harga-harga melonjak karena berkurangnya jumlah kursi yang tersedia. Tarif premium mencapai lebih dari US$20.000.

Pesawat Saudi Airlines bersiap mendarat di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA) di Manila, Filipina. (Dok: Geric Cruz/Bloomberg)