Logo Bloomberg Technoz

Mantan presiden tersebut berfokus pada isu aborsi dalam pidato yang berliku-liku di mana dia menghabiskan sebagian besar energinya untuk menyerang Harris dan berusaha untuk menetralkan kekuatannya sebagai kandidat.

Trump menyerang catatan Harris sebagai jaksa penuntut, dengan alasan bahwa ia bersikap lunak terhadap kejahatan, serta sikapnya terhadap imigrasi dan hak-hak kepemilikan senjata, yang memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana ia mengubah pesannya untuk beradaptasi dengan lawan yang baru.

Dia secara umum menghindar untuk berbicara tentang aborsi pada kampanyenya, isu di mana dia tidak sejalan dengan banyak pendukung evangelisnya yang mendorong larangan federal atas prosedur tersebut. Dia tidak menyebutkan masalah ini dalam pidato penerimaannya di konvensi Partai Republik minggu lalu.

Harris telah banyak bersuara bagi Partai Demokrat dalam hal akses aborsi, isu yang lebih nyaman ia bahas dibandingkan dengan presiden Katolik Irlandia yang berusia 81 tahun itu. Hak-hak reproduksi kemungkinan besar akan memainkan peran sentral dalam kampanyenya.

Trump ingin membatasi akses terhadap aborsi, tapi ia mengatakan bahwa ia lebih suka negara bagian yang memilih dan memutuskan. Pada Rabu, dia menunjukkan bahwa Ohio dan Kansas--keduanya merupakan negara bagian yang condong ke Partai Republik--memilih kebijakan "liberal" tentang hak-hak reproduksi.

Fokus Aborsi

Partai Demokrat berusaha menjadikan akses aborsi sebagai isu utama dalam Pilpres, menyoroti upaya Partai Republik untuk mengupayakan larangan federal dan kebijakan tingkat negara bagian yang membatasi setelah keputusan Mahkamah Agung pada tahun 2022 yang membatalkan keputusan Roe v. Wade, yang menjamin hak-hak aborsi di seluruh negara bagian selama kurang lebih setengah abad.

Perdebatan yang terjadi kemudian menjadi rawa politik bagi Partai Republik, banyak di antara mereka yang mendapati bahwa dukungan mereka untuk pembatasan semakin tidak sejalan dengan publik. Trump dan tim kampanyenya selama berbulan-bulan telah mencoba menetralisir isu tersebut.

Pada Rabu, ia menegaskan kembali pendiriannya untuk mengizinkan pengecualian bagi perempuan yang mencari keadilan dalam kasus-kasus yang melibatkan pemerkosaan, inses, dan ketika nyawa ibu terancam.

Trump mencalonkan tiga hakim konservatif untuk duduk di bangku cadangan, yang berpihak pada mayoritas yang mencabut keputusan Roe v. Wade tahun 1973.

Para penasihatnya secara terbuka meremehkan efek dari Partai Demokrat yang menggantikan Biden, yang diliputi kekhawatiran tentang usia dan kebugarannya, dengan kandidat berusia 59 tahun, lebih dari dua dekade lebih muda.

Namun, perombakan ini membuat Partai Republik tampaknya berada dalam posisi terdesak, menguji jalur-jalur serangan baru ketika mereka bergegas untuk membentuk kembali lawan baru bagi para pemilih dengan waktu kurang dari empat bulan sebelum Pilpres.

Salah satu serangan yang tampaknya telah dipilih Trump dan para sekutunya adalah dengan mengaitkan Harris dengan krisis di perbatasan AS-Meksiko, di mana gelombang migran telah membuat tegang komunitas-komunitas di seluruh negeri.

Para pemilih telah menjadikan perbatasan sebagai isu utama dan Trump telah bersumpah untuk melakukan deportasi massal jika terpilih--dan mengisyaratkan akan menggunakan militer untuk melakukannya.

"Cara Kamala menangani perbatasan harus didiskualifikasi. Dia tidak boleh dipercaya," kata Trump. "Jika Harris tetap berkuasa, setiap minggu akan ada pemerkosa yang haus darah untuk mengejar putra-putri kita."

Menangani akar masalah migrasi merupakan salah satu topik dalam portofolio Harris di awal masa pemerintahannya, dan ia menghadapi kritik yang semakin meningkat seiring dengan memburuknya situasi di perbatasan dan kegagalan para anggota parlemen dan Gedung Putih untuk menyepakati solusi legislatif.

Biden akhirnya mengambil tindakan eksekutif untuk mengekang klaim suaka setelah Trump menekan Partai Republik untuk membatalkan kesepakatan bipartisan yang akan menyediakan lebih banyak sumber daya perbatasan.

Trump telah melabeli Harris sebagai "kaisar perbatasan" meskipun pejabat lain memiliki tanggung jawab yang lebih besar--dan tanggung jawab langsung--atas situasi ini, seperti Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas.

Beberapa hari terakhir ini, beberapa sekutu Trump menganggap pergantian Harris sebagai kudeta, sementara yang lain mempertanyakan kemampuan Biden untuk terus menjalani masa jabatannya.

Para pemimpin Partai Republik di DPR mendesak para anggota parlemen untuk menghindari serangan rasis atau seksis terhadap Harris, yang telah menjadi tokoh bersejarah sebagai wakil presiden wanita, kulit hitam, dan Asia-Amerika pertama, setelah salah satu anggota mereka, Perwakilan Tim Burchett, mencemoohnya sebagai "wakil presiden KKI", yang merupakan singkatan dari keberagaman, kesetaraan, dan inklusi.

Trump dalam unggahan di media sosial Trump in Truth mengejek Harris, menyebutnya "Bodoh seperti Batu," menjulukinya "Lyin' Kamala Harris," dan mengeluh bahwa kampanyenya sekarang harus "memulai dari awal lagi" setelah berbulan-bulan bertarung melawan Biden.

Lawan Baru

Unjuk rasa di negara bagian North Carolina yang merupakan negara bagian swing-state--medan pertempuran yang dimenangkan Trump dengan selisih suara tipis, tapi Partai Demokrat mengerahkan lebih banyak sumber daya--terjadi di tengah-tengah gegap gempita aktivitas kampanye mantan presiden tersebut.

Pada bulan lalu, Trump, 78 tahun, selamat dari upaya pembunuhan dalam sebuah rapat umum politik, menerima sambutan meriah di Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee--acara yang menyoroti cengkeramannya terhadap partai tersebut--dan memperkenalkan calon wakil presidennya, Senator JD Vance dari Ohio.

Ia juga berencana untuk menjamu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Jumat di kediamannya di Mar-a-Lago, Florida.

Harris dengan cepat mengumpulkan dukungan dari cukup banyak delegasi yang dijanjikan untuk meraih nominasi Partai Demokrat dan mulai berkampanye--menggembar-gemborkan latar belakangnya sebagai seorang jaksa yang mencemarkan nama baik mantan presiden pertama dalam sejarah AS yang dihukum karena melakukan tindak pidana.

(bbn)

No more pages