Logo Bloomberg Technoz

Boeing Setujui Kesepakatan Akui Bersalah atas Kecelakaan Lion Air

News
25 July 2024 13:20

Boeing (Bloomberg Technoz)
Boeing (Bloomberg Technoz)

Julie Johnsson dan Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co telah menyelesaikan kesepakatan untuk mengaku bersalah atas konspirasi kriminal sehubungan dengan dua kecelakaan fatal pesawat jet 737 Max, yakni Lion Air dan Ethiopian Airlines. Perusahaan ini menyiapkan panggung untuk kemungkinan konfrontasi di ruang sidang dengan kerabat korban.

Rincian kesepakatan pengakuan bersalah tersebut diungkapkan pada Rabu (24/7/2024) dalam pengarsipan pengadilan federal setelah berminggu-minggu pembicaraan antara Boeing dan Departemen Kehakiman AS, yang pertama kali mengungkapkan kesepakatan tersebut pada awal bulan ini.

Kasus ini mencerminkan upaya Pemerintahan Biden untuk menyeimbangkan hukuman baru bagi raksasa industri AS yang terguncang dengan tuntutan dari keluarga yang berduka atas pembalasan.

Boeing menghadapi denda setidaknya US$243,6 juta--sesuai dengan jumlah yang dibayarkannya di bawah perjanjian penuntutan yang ditangguhkan pada tahun 2021 yang kemudian ditentukan oleh Departemen Kehakiman bahwa perusahaan tersebut telah melakukan pelanggaran.