Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Wanti-wanti Kriteria Penerima Golden Visa

Muhammad Fikri
25 July 2024 11:35

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin KTT World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). (Medcen WWF 2024/Aditya Pradana Putra)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin KTT World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). (Medcen WWF 2024/Aditya Pradana Putra)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi mewanti-wanti pemerintah untuk pemberian Golden Visa kepada Warga Negara Asing (WNA) yang ingin tinggal di Indonesia. Jokowi mengatakan pemerintah harus benar-benar memperhatikan calon penerima hak tersebut.

“Ingat hanya untuk good quality travelers, sehingga harus benar benar selektif. Benar-benar diseleksi,” kata Jokowi pada sambutan acara Peluncuran Golden Visa di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Dia juga meminta pemerintah harus menaruh perhatian lebih kepada kriteria calon penerima Golden Visa. Hal ini sebagai upaya meminimalisir lolosnya WNA yang justru memberikan dampak buruk atau merugikan negara; bahkan sampai dengan membahayakan keamanan negara.

“Harus benar-benar dilihat kontribusinya, jangan sampai justru meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara, meloloskan orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional,” ujar Jokowi.

Dalam peluncuran Golden Visa tersebut, Jokowi juga menaruh harapan besar dapat menarik lebih banyak investor asing yang dapat berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia. Selain itu, Jokowi juga mengajak para duta besar yang hadir untuk menginformasikan kebijakan Golden Visa tersebut ke negara masing-masing untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dan menjadi perekat persahabatan antar negara.