Logo Bloomberg Technoz

RSCM Bantah Ada Lonjakan Kasus Gagal Ginjal pada Anak

Dinda Decembria
25 July 2024 14:30

Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)
Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo angkat bicara terkait adanya lonjakan kasus gagal ginjal anak. 

Pihak RSCM membantah adanya lonjakan kasus. Namun, memang ada peningkatan pasien yang melakukan pengobatan, karena RSCM menjadi rumah sakit rujukan.

“Cukup kaget ada berita mengenai lonjakan kasus di RSCM, karena tidak ada lonjakan. Anfgka pasien memang cukup banyak sebanyak 60 anak dan itu masih realistis, tidak hemodialisis semua. Karena 30 diantaranya melakukan terapi dialisis atau cuci darah dan sisanya menjalani CAPD atau dialisis mandiri yang datang sebulan sekali ke rumah sakit,” ujar Konsultan nefrologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Eka Laksmi Hidayati dalam konferensi pers, Kamis (25/7/2024).

Dr. Eka juga mengutarakan, sebanyak 37 orang sudah melakukan transpalantasi ginjal di RSCM. Dan pada umumnya, beberapa pasien bisa tertolong tanpa harus cuci darah. 

“Ginjal akut bisa diperbaiki dan kembali normal. Seperti covid ada gejala ringan dan berat, kalau masuk ventilator bisa sempurna. Kalau kronik biasanya terjadi karena kelainan dari lahir,” tambah dr. Eka.