Logo Bloomberg Technoz

Dengan demikian, IMA yakin permintaan nikel tetap bakal naik karena konsumen membutuhkan baterai EV yang memiliki kapasitas penyimpan listrik dengan durasi panjang. 

Pangsa pasar baterai berdasarkan bahan kimianya./dok. IEA

Sekadar catatan, berdasarkan laporan International Energy Agency (IEA) bertajuk Trends in Electric Vehicle Batteries, LFP adalah kimia yang paling umum di pasar mobil listrik China, sementara baterai nickel manganese cobalt (NMC) lebih umum di pasar EV Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Pangsa baterai LFP dalam penjualan EV di Eropa dan AS tetap di bawah 10%, dengan kimia nikel tinggi masih paling umum di pasar ini. 

Meningkatnya permintaan baterai EV merupakan kontributor terbesar terhadap peningkatan permintaan logam penting seperti litium.

Permintaan baterai untuk litium mencapai sekitar 140 kiloton (kt) pada 2023, 85% dari total permintaan litium dan naik lebih dari 30% dibandingkan dengan 2022; untuk kobalt, permintaan baterai naik 15% menjadi 150 kt atau 70% dari total.

Pada tingkat yang lebih rendah, pertumbuhan permintaan baterai berkontribusi terhadap peningkatan total permintaan nikel, yang mencakup lebih dari 10% dari total permintaan nikel. Permintaan baterai untuk nikel mencapai hampir 370 kt pada 2023, naik hampir 30% dibandingkan dengan 2022.

Mengutip riset McKinsey & Company berjudul McKinsey Mobility Consumer Pulse edisi Juni 2024, sebanyak 29% pemilik mobil listrik global mempertimbangkan untuk kembali ke mobil BBM tradisional. 

Sebagai informasi, survei McKinsey melibatkan lebih dari 3.000 responden di 15 negara. Survei ini mencakup lebih dari 80% penjualan mobil dunia.

Negara dengan responden terbanyak yang menjawab ingin kembali ke mobil BBM adalah Australia dengan 49%. Disusul oleh Amerika Serikat/AS (46%) dan Brasil (38%).

Alasan tertinggi bagi mereka yang ingin kembali ke mobil BBM adalah fasilitas pengisian listrik yang belum memadai (35%). Lainnya adalah biaya perawatan yang mahal (34%) dan kesulitan berkendara dalam jarak jauh (32%).

(dov/wdh)

No more pages